• English
  • Bahasa Indonesia

Dalam Satu Hari Bawaslu Dikunjungi Tiga DPRD Sekaligus

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Semarak jelang Pilkada 2017 dan 2018 mulai tampak. Lembaga-lembaga yang terlibat (stakeholder) dalam perhelatan Pemilu sudah mulai bergerak mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan, termasuk jajaran legislatif daerah (DPRD).

 

Dalam satu hari, Kamis (12/5), Bawaslu RI menerima kunjungan dari tiga DPRD kabupaten/kota sekaligus. Tidak hanya DPRD yang daerahnya menggelar Pilkada di 2017 tapi juga daerah yang menggelar Pilkada di tahun 2018. Tiga daerah tersebut yakni DPRD Kabupaten Banyumas dan DPRD Kabupaten Sampang yang menggelar Pilkada di 2018 serta DPRD Provinsi Gorontalo yang menggelar Pilgub di 2017.

 

Dalam tiga kunjungan tersebut, Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah mengapresiasi setinggi-tingginya kehadiran anggota DPRD yang masing-masing berasal dari Komisi I tersebut. Menurut Nasrullah, dengan berdiskusi antar sesama stakeholder, akan memberikan ide-ide baru untuk menyukseskan Pemilu di Indonesia.

 

“Kami sangat apresiasi atas kepedulian yang tinggi dalam menyuskeskan Pilkada. Pilkada masih di 2018 namun sudah mempersiapkannya dari sekarang,” kata Nasrullah.

 

Dengan berdiskusi, sambung Nasrullah, berharap semua permasalahan yang terjadi selama Pemilu atau Pilkada sebelumnya tidak akan terulang kembali. Seperti persoalan anggaran yang pada 2015 lalu sedikit terhambat. “Kita berharap dalam pelaksanaan Pemilu selanjutnya, tidak ada lagi masalah dalam anggaran. Anggaran untuk penyelenggara Pemilu harus sudah tuntas di awal,” tegasnya.

 

Nasrullah juga mengharapkan, diskusi ini juga tidak hanya antara Bawaslu dengan jajaran legislatif saja melainkan juga dengan unsur lainnya yang terlibat dalam Pemilu. “Forum sangat bagus jika tripartit, antara Bawaslu RI, Bawaslu provinsi, pemerintah provinsi setempat, mapun DPRD provinsi,” ujarnya.

 

Ketiga DPRD ini masing-masing  mempertanyakan kebutuhan anggaran yang diperlukan dalam Pilkada. Selain itu juga terkait kewenangan jajaran Bawaslu mulai dari tingkat TPS hingga pusat, serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan teknis Pilkada.

 

Penulis/Foto: Pratiwi/Irwan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu