• English
  • Bahasa Indonesia

Kisruh DPT yang Selalu Berulang

Awaslupadu.com. Kisruh DPT atau daftar pemilih tetap semestinya tidak terjadi pada tahapan Pemilu 2014 karena sudah terjadi di dua pemilu sebelumnya. Ketua DPP Hanura Saleh Husain menegaskan seharusnya persoalan DPT tidak lagi muncul dalam penyelenggaraan pemilu mendatang karena sudah terjadi sejak Pemilu 2004 dan 2009. Kenyataannya masih ada saja data orang yang sudah meninggal sekian tahun masih terdaftar.

"Jadi jika DPT jadi masalah orang paling bertanggung jawab ialah KPU sebagai penyelenggara. Dan perlu ada konsilidasi antarpenyelanggara," ujar Saleh dalam diskusi bertajuk 'Pesta Demokrasi 2014 untuk Indonesia Lebih Baik' di Jakarta, Sabtu (26/10).

Saleh mengungkapkan, penundaan pengumuman DPT ini tidak terlepas dari lambat pelaksanaan program e-KTP yang dijalankan Kemendagri. "Saya sudah mengecek ke daerah, masalah DP4 ternyata banyak ditemukan. Ada yang meninggal, tapi masih terdaftar. Mendagri adalah orang yang paling harus bertanggung jawab, atas permasalahan DPT ini," pungkasnya.

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu