• English
  • Bahasa Indonesia

Lantik Pejabat Struktural, Bawaslu Setara KPU

Jakarta, Awaslupadu.com. – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Badan Pengawas Pemilu, Gunawan Suswantoro melantik pejabat Eselon II, III, dan IV Sekretariat Jenderal Bawaslu, di Jakarta, Jumat (19/7). Gunawan berharap pejabat, pejabat tersebut siap bekerja keras untuk mendukung upaya pengawasan Pemilu yang maksimal.

Selain itu, Gunawan bersyukur karena pelantikan tersebut juga merupakan momen penting bagi Bawaslu untuk dapat setara dengan lembaga koleganya, Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perjuangan Bawaslu untuk dapat setara dengan KPU sudah berlangsung pada 2009, saat gugatan Judicial Review UU Penyelenggara Pemilu terhadap UUD 1945. Pada saat itu, MK menerjemahkan pasal 22 huruf e UUD 1945, yakni menyetarakan antara KPU dan Bawaslu.

“Saya menganggap hari ini adalah hari kemenangan Bawaslu, sudah cukup lama perjuangan Bawaslu agar setara dengan KPU. Perjuangan dimulai pada saat gugatan sengketa kewenangan di MK. Alhamdullilah, MK berpihak kepada kita,” ujar Gunawan.

Lebih lanjut, tambah Gunawan, pada hari ini Sekretariat Jenderal sudah dilantik. Sehingga secara struktur, Bawaslu sudah sempurna sebagai sebuah lembaga. Hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua Bawaslu Muhammad, Pimpinan Bawaslu Nasrullah, dan Daniel Zuchron.

Empat Biro yang dilantik, antara lain Biro Administrasi yang dikepalai oleh (Plt) Dermawan Adhi Santoso, Biro Hukum, Humas, dan Pengawasan Internal (H2PI) yang dikepalai oleh (Plt) Jajang Abdullah, Biro Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu (TP3) yang dikepalai oleh (Plt) Bernad D. Sutrisno, serta Biro Administrasi DKPP yang dikepalai oleh Ahmad Khumaidi.

Gunawan juga berpesan bahwa struktur (Biro ,-Red) ini cukup besar, dan cukup berat. Otomatis ada penambahan satu tingkat. Jika dahulu koordinasi dilakukan dari Kasek ke Kabag ke Kasubbag bisa langsung ke pimpinan, kini sudah ada kepala biro.

“Penambahan struktur, jangan justru membuat lambat persuratan. Kecepatan yang selama ini kita bangun, harus ditingkatkan dengan organisasi yang baru ini,” kata Gunawan mengingatkan.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu