• English
  • Bahasa Indonesia

Libatkan Anak dalam Kampanye, Bawaslu Segera Panggil Presiden PKS

altJakarta, Bawaslu– Badan Pengawas Pemilu akan  memanggil Presiden dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta terkait pelanggaran kampanye keterlibatan anak-anak yang ikut dalam  berkampaye.  Rencananya,Anis Matta akan diminta keterangannya terkait dugaan pelanggaran akibat pernyataannya yangmengatakan bahwa melibatkan anak  anak dalam  kampanye merupakan pendidikan politik sejak dini.

 “Dalam waktu yang dekat dalam satu dan dua hari ini kita akan memanggil Preseiden PKS Anis Matta untuk di minta keterangannya dan ditindaklanjuti,” 

ujar Ketua Bawaslu Muhammad pada saat konferensi  Pers  di Gedung Komisi InformasiPusat,di Jakarta,Selasa (18/3).

Muhammad mengatakan, pihaknya akan mengkaji dan menindaklajuti terkait pelanggaran kampaye terbuka yang dilakukan oleh beberapa partai politik melakukan kampanye yang melibatkan anak-anak, termasuk  mengajak secara aktif.

“Sanksinya adalah administrasi,kalau memang dilakukan berkali-kali  maka bisa menjadi sanksi pidana,” ujarnya.

Lanjut Muhammad mengatakan bahwa,  agar Komisi Pemilihan Umum  (KPU) menindaklajuti   terhadap partai politik yang melakukan pelanggaran melibatkan anak anak dalam kampanye partai  politik.  Ia juga mengungkapkan tidak hanya dari partai PKS saja, namun ada beberapa partai politik peserta pemilu lain yang ikut melanggar.

“Untuk itu Bawaslu memandang agar  perlu mengkaji dan menidak lanjuti terhadap pelanggaran tersebut dan memberi rekomendasi kepada KPU terkait pelanggaran tersebut,” ujarnya.

Sementara itu Komisioner KPU Ferry KurniaRiskyansyah siap menerima rekomendasi Bawaslu atas keterlibatan partai politik yang melakukan pelanggaran pemilu pada ranah pelanggaran administrasi untuk ditindaklanjuti “KPU akan menerima rekomendasi Bawaslu terkait pelanggaran administrasi yang dilakukan oleh partai politik,” ujarnya

Seperti diketahui,  PartaiPKS melakukan kampanye terbuka  di Gelora BungKarno,Minggu (16/3).Pada saat itu, banyak sekali anak-anak yang terlibat dalam kampanye. Namun, yang paling disayangkan adalah saat Presiden PKSmengatakan bahwa pelibatan anak anak merupakan bentuk  pendidikan politik sejak dini dan berdalih tidak ada salahnya jika melibatkan anak-anak ikut kampanye partai politik.

 

Penulis : Hendru Wijaya

Editor    : Falcao Silaban

 

alt

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu