• English
  • Bahasa Indonesia

Awasi PSU Tiga TPS Pilgub Jambi, Afif Temukan Delapan Pemilih TMS

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin (kiri) bersama Anggota DKPP Alfitra Salamm melakukan pencermatan daftar pemilih di TPS 02 Desa Sidomulti, Kamis 27 Mei 2021/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Kabupaten Muaro Jambi, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin turut mengawasi langsung jalannya pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jambi 2020 pascaputusan Mahkamah Konstitusi. Dalam pengawasan secara ketat dan melekat, dia menemukan ada delapan pemilih di dua TPS di Kabupaten Muaro Jambi tidak memenuhi syarat (TMS) untuk menyalurkan hak pilihnya.

Awalnya delapan pemilih tersebut memenuhi syarat (MS). Namun, kata Afif, setelah KPU dan Bawaslu melakukan pencermatan data pemilih, kedelapan pemilih tersebut dinyatakan TMS. Pemilih-pemilih tersebut ditemukan di TPS 04 Desa Penyengat Olak dan TPS 004 Desa Senaung Kecamatan Jambi Luar Kota.

"Delapan pemilih masuk DPT tapi belum rekam (e-KTP). Disini (TPS 04 Desa Senaung). Kalau tidak salah ada 2 (pemilih TMS). Itu hal-hal yang berpotensi terjadi," ungkap Afif usai meninjau PSU TPS 04 Desa Senaung Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi, Kamis (27/5/2021).

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu itu memastikan jajaran pengawas pemilu hingga di tingkat TPS telah melaksanakan tugas pengawasan dengan baik. Sesuai amar putusan MK, PSU Jambi terjadi karena banyak pelanggaran dan kecurangan yang masif seperti pemilih yang tidak berhak memilih tapi diberikan kesempatan memilih di sebagian besar TPS se-Provinsi Jambi. Maka dari itu, Afif mengarahkan jajarannya untuk fokus terhadap masalah daftar pemilih.

"Kita berharap PSU ini berjalan dengan lancar, tidak banuak masalah sehingga bisa sesuai harapan masyarakat Jambi," harapnya.

Setelah melakuan kunjunagn supervisi PSU di dua TPS di Muaro Jambi, Afif bergerak menyusuri perkebunan sawit di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Dia kembali meninjau TPS 02 Desa Sido Multi, Kecamatan Dendang. Disana, pelaksanaan PSU berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Dalam kunjungannya kali ini, Afif ditemani oleh Anggota DKPP Alfitra Salamm, Anggota KPU Hasyim Asy'ari, dan Anggota Bawaslu Jambi Fahrul Rozi.

Sebagai informasi, PSU Pilgub Jambi dilakukan di 88 TPS yang tersebar di 15 kecamatan, lima kabupaten/kota meliputi Kabupaten Muarojambi, Tanjungjabung Timur, Batanghari, Kerinci, dan Kota Sungaipenuh.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu