Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Dari Bawaslu Kita Selamatkan Pemilu Indonesia

Bawaslu Menempati Posisi ke 5 Dalam Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Kategori Lembaga Non Struktural Tahun 2016 Dari Komisi Informasi Pusat Bawaslu Menerima Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2015 Dengan Predikat Nilai "B"(Baik) Dari Kemenpan-RB Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan 2015 BAWASLU RI Awasi Dan Kawal Pilkada Agar Jujur Adil Aman Dan Berintegritas Dari Bawaslu Kita Selamatkan Pemilu Indonesia

Press Release

Rabu, 9 Desember 2015 17:45 WIB

Berdasarkan laporan Bawaslu Provinsi dan tim supervisi Bawaslu RI terkait informasi awal Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara

Sabtu, 5 Desember 2015 12:12 WIB

POTRET HASIL PENGAWASAN PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR, BUPATI DAN WAKIL BUPATI, SERTA WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA TAHUN 2015.

Senin, 30 Maret 2015 15:02 WIB

Jakarta, BAWASLU – Dalam rangka menghadapi gelaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota ya

Regulasi

Perbawaslu No.1 Tahun 2017
Tentang:
PERATURAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM TENTANG PENGELOLAAN DAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DI BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM, BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM PROVINSI, DAN PANITIA PENGAWAS PEMILIHAN UMUM KABUPATEN/KOTA.
Unduhan
151/KPU/II/2017
Tentang:
Penyelenggaraan Pemungutan dan Penghitungan Suara
Unduhan
Perbawaslu No. 14 Tahun 2016
Tentang:
SENTRA PENEGAKAN HUKUM TERPADU PADA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR, BUPATI DAN WAKIL BUPATI, SERTA WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA
Unduhan
Perbawaslu 13 TAHUN 2016
Tentang:
LAMPIRAN I PERATURAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM REPUBLIK INDONESIA NOMOR 13 TAHUN 2016 TENTANG TATA CARA PENANGANAN PELANGGARAN ADMINISTARSI TERKAIT LARANGAN MEMBERIKAN DAN/ATAU MENJANJIKAN UANG DAN/ATAU MATERI LAINNYA YANG DILAKUKAN SECARA TERSTRUKTUR, SISTEMATIS DAN MASIF DALAM PEMILIHAN GUBERNUR, BUPATI DAN WALIKOTA
Unduhan
Perbawaslu No. 8 Tahun 2016
Tentang:
PERATURAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN BADAN PENGAWAS PEMILU NOMOR 10 TAHUN 2015 TENTANG PENGAWASAN KAMPANYE PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR, BUPATI DAN WAKIL BUPATI, SERTA WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA.
Unduhan
Perbawaslu No. 9 Tahun 2016
Tentang:
PERATURAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM NOMOR 11 TAHUN 2015 TENTANG PENGAWASAN DANA KAMPANYE PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR, BUPATI DAN WAKIL BUPATI SERTA WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA.
Unduhan
Perbawaslu No. 10 Tahun 2016
Tentang:
PERATURAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM NOMOR 12 TAHUN 2015 TENTANG PENGAWASAN PERENCANAAN, PENGADAAN DAN PENDISTRIBUSIAN PERLENGKAPAN PENYELENGGARAAN PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR, BUPATI DAN WAKIL BUPATI SERTA WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA.
Unduhan
Perbawaslu No. 12 Tahun 2016
Tentang:
PERATURAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM NOMOR 14 TAHUN 2015 TENTANG PENGAWASAN REKAPITULASI HASIL PENGHITUNGAN SUARA DAN PENETAPAN HASIL PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR, BUPATI DAN WAKIL BUPATI SERTA WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA.
Unduhan
Perbawaslu No. 13 Tahun 2016
Tentang:
PERATURAN BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM TENTANG TATA CARA PENANGANAN PELANGGARAN ADMINISTRASI TERKAIT LARANGAN MEMBERIKAN DAN/ATAU MENJANJIKAN UANG ATAU MATERI LAINNYA YANG DILAKUKAN SECARA TERSTRUKTUR, SISTEMATIS, DAN MASIF DALAM PEMILIHAN GUBERNUR, BUPATI, DAN WALIKOTA.
Unduhan
0360/KBAWASLU/HK01.00/xr/2016
Tentang:
PENGAWASAN DAN PEMANTAUAN PEMBERITAAN, PENYIARAN, DAN IKLAN KAMPANYE PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR, BUPATI DAN WAKIL BUPATI DAN/ATAU WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA MELALUI LEMBAGA PENYIARAN
Unduhan
Minggu, 26 Februari 2017 20:29 WIB

Gorontalo,   Badan   Pengawas   Pemilihan   Umum  -   Rapat   Pleno   Terbuka Rekapitulasi   Hasil   Penghitungan   Suara   Tingkat   Provinsi   yangd ilaksanakan   oleh   Komisi   Pemilihan Umum Provinsi  Gorontalo     telah rampung dan sukses digelar.

Minggu, 26 Februari 2017 17:34 WIB

Pangkalpinang, Badan Pengawas Pemilu - Rekapitulasi perhitungan perolehan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kepulauan Bangka Belitung tahun 2017 berlangsung dengan lancar. Meski sempat ada permasalahan secara teknis, namun hasil dari rekapitulasi diterima oleh semua yang hadir saat rapat pleno rekapitulasi di Hotel Bumi Asih Pangkalpinang, Minggu (26/2).

 

Minggu, 26 Februari 2017 15:44 WIB

Gorontalo, Badan Pengawas Pemilu –
Dipimpin Kapolres Kota Gorontalo AKBP Rony Yulianto, sekitar  400 personil aparat keamanan (kepolisian dan TNI) menggelar  sujud syukur setelah berhasil mengawal tahapan rekapitulasi surat suara tingkat Provinsi Gorontalo dengan aman dan terkendali.

Sujud syukur ini sebagai bentuk aktualisasi aparat keamanan yang diberikan kepercayaan  dalam mengamankan seluruh rangkaian tahapan Pilkada serentak yang berlangsung saat ini di Gorontalo.

Sabtu, 25 Februari 2017 00:49 WIB

Tangerang,   Badan   Pengawas   Pemilihan   Umum   –  Pimpinan   Bawaslu   RI   Nelson Simanjuntak   menekankan   kepada   seluruh  jajaran pengawas   Pemilu  yang   akan memberikan   keterangan   di   Mahkamah   Konstitusi  (MK) dalam   persidangan   Perselisihan   Hasil Pemilihan (PHP) Kepala Daerah 2017 harus bersikap netral dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Jumat, 24 Februari 2017 19:09 WIB

Yogyakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Rekapitulasi perhitungan suara tingkat kota Pemilihan Walikota/Wakil Walikota Kota Yogyakarta Tahun 2017 yang dimulai pukul 9.00 di kantor KPU kota Yogyakarta 22/2, di warnai aksi demo dari salah satu pendukung pasangan calon.

Jumat, 24 Februari 2017 09:20 WIB

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Bawaslu, Komisi Pemilihan Umum dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu sebagai tripartit lembaga penyelenggara Pemilu sepakat menjadikan kemungkinan putaran ke-2 Pilkada DKI sebagai percontohan pemilihan kepala daerah yang demokratis dan berintegritas. Pada pertemuan di Ruang Sidang DKPP lantai lima Gedung Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Kamis (23/2), ketiga lembaga tersebut sepakat akan focus mengawal Pilkada DKI Jakarta jilid II.

 

Rabu, 1 Februari 2017 14:53 WIB

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Mengantisipasi adanya pasangannya calon pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak  2017 terjadinya sengketa hasil ke Mahakamah Konstitusi karena merasa tidak puas atas hasil dari Pilkada nanti, Bawaslu RI melakukan pertemuan dengan Mahakamah Konstitusi.

 

Selasa, 4 Februari 2014 16:00 WIB

Jakarta, Bawaslu - Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) diharapkan dapat menjerat para pelanggar pidana Pemilu dalamn waktu relatif cepat. Karena itu, tiga institusi dalam Sentra Gakkumdu, yaitu Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan dituntut bekerja dengan cepat dan koordinasi yang optimal.

Senin, 17 November 2014 16:33 WIB

Bogor, Badan Pengawas Pemilu - Kearsipan berperan penting dalam administrasi yang mempunyai kegunaan sebagai pusat ingatan dan sumber informasi dalam rangka melakukan kegiatan perencanaan, penganalisaan, perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, pembuatan laporan, penilaian, pengendalian dan pertanggung jawaban dengan setepat-tepatnya.

Kamis, 19 Maret 2015 16:22 WIB

Makassar, Badan Pengawas Pemilu -  Bawaslu RI bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar Sulawesi Selatan menyelenggarakan kegiatan seminar internasional bertema “Democracy and Election : Solution For Establishing Good Governance”.

Kamis, 4 Juni 2015 17:48 WIB

Bontang, Badan Pengawas Pemilu – Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) mengapresiasi kesiapan Pemerintah Daerah Kabupaten Bontang, Kalimantan Timur dalam menyongsong pelaksanaan pilkada serentak tahun 2015. Khususnya kesiapan pemda dalam mengalokasikan anggaran pilkada dan sokongan sumber daya manusia (SDM).

Rabu, 26 Agustus 2015 19:59 WIB

SEMARANG, BAWASLU JATENG - Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota yang berasal dari 20 Kabupaten/Kota menyatakan akan melakukan kampanye damai melalui pendandatanganan deklarasi yang diinisiasi oleh Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Peristiwa penandatangan tersebut terjadi dalam Rapat Koordinasi dengan Mitra Kerja dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2015 pada Rabu 26 Agustus 2015 di Hotel Semesta Semarang.  

Rabu, 28 September 2016 22:33 WIB

Ambon, Badan Pengawas Pemilu - Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambon akan dilaksanakan pada 15 Februari 2017 mendatang. Ketua Bawaslu Muhammad berharap agar Walikota dan Wakil Wakil Walikota Ambon yang terpilih nanti bukan ditentukan oleh Putusan Mahkamah Konstitusi (Mahkamah Konstitusi).

Sabtu, 17 September 2016 09:17 WIB

Semarang, Badan Pengawas Pemilu – Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan media gathering Bawaslu dengan awak media, Jumat (16/9) di gedung kuliah bersama Universitas Islam Sultan Agung (UNISULA) Semarang. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Bawaslu RI Muhammad, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Abhan, bersama pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Teguh Purnomo dan Ibu Juhana, serta Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah Amir Machmud NS.

Jumat, 9 September 2016 23:51 WIB

Banda Aceh, Badan Pengawas Pemilu - Aceh menjadi salah satu provinsi yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 mendatang. Namun dibandingkan dengan provinsi lain Aceh memiliki tingkat kesulitan sendiri, karena selain Pemilihan Gubernur, Aceh akan melaksanakan Pemilihan Bupati serta Walikota di 20 Kabupaten/Kota.

Jumat, 2 September 2016 00:03 WIB

Depok, Badan Pengawas Pemilu - Jelang pemilihan kepala daerah serentak (Pilkada Serentak) bulan Februari 2017, Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) membuat sebuah terobosan, dengan membuka sekolah partai calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang bertempat di aula Wisma Kinasih, Tapos Depok Jawa Barat pada selasa 30 Agustus 2016.

Selasa, 30 Agustus 2016 11:36 WIB

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Ketua Komisi II DPR RI Rambe Kamarul Zaman menegaskan bahwa amanat UU No. 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua UU Pilkada memberikan kewenangan yang lebih kuat kepada Bawaslu dalam proses menciptakan demokrasi yang lebih baik dalam Pilkada mendatang.

“Kita tempatkan Bawaslu sebagai jangkar terdepan dalam mengawal dari awal tahapan hingga akhir tahapan,” ujar Rambe saat memberikan sambutan saat peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), di Jakarta, Senin (29/8).

Senin, 29 Agustus 2016 17:56 WIB

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2017 mendatang, di Jakarta, Senin (29/8). Berdasarkan penilaian IKP, tiga dari tujuh provinsi yakni provinsi Aceh, Banten, dan Papua Barat masuk kategori Pilkada dengan tingkat kerawanan yang tinggi.

  • ILM BAWASLU JABAR - PENGAWASAN PILKADA 2017
    ILM BAWASLU JABAR - PENGAWASAN PILKADA 2017
  • ILM BAWASLU JABAR - PENGAWASAN PARTISIPATIF PILKADA 2017
    ILM BAWASLU JABAR - PENGAWASAN PARTISIPATIF PILKADA 2017
  • Profil Pilkada Sulbar 2017
    Profil Pilkada Sulbar 2017
  • Seminar Internasional Semarang 2016
    Seminar Internasional Semarang 2016
  • Launching Indeks Kerawanan Pemilu 2017
    Launching Indeks Kerawanan Pemilu 2017
  • Tutorial Layanan Informasi Publik
    Tutorial Layanan Informasi Publik
  • HUT 71 Kemerdekaan Republik Indonesia
    HUT 71 Kemerdekaan Republik Indonesia
  • Pelantikan CPNS 2015 BAWASLU RI Full Version
    Pelantikan CPNS 2015 BAWASLU RI Full Version
  • SELAMAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1437 H
    SELAMAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1437 H