• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Akan Lakukan Penguatan Informasi Pendidikan Politik di Masyarakat

Anggota Bawaslu Herwyn J.H. Malonda saat menutup arahan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bersama Stakeholder Tahun 2022 Kota Manado, Kamis (24/11/2022)

Manado, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Herwyn J.H. Malonda mengatakan Bawaslu akan terus melakukan penguatan dan menyebarkan informasi pendidikan politik bagi seluruh masyarakat dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Kami (Bawaslu) akan terus memberikan penguatan atau minimal informasi tentang pendidikan politik sebagai bentuk tanggung jawab kita sebagai masyarakat bernegara, dan inilah gunanya kita melaksanakan kegiatan seperti ini agar kita semua bisa mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajiban kita dalam menghadapi setiap tahapan pemilu,” kata Herwyn saat menutup kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bersama Stakeholder Tahun 2022 Kota Manado, Kamis (24/11/2022).

Nantinya, kata Herwyn, melalui penguatan tersebut, diharapkan masyarakat ikut memberikan inovasi yang efektif dan inovatif untuk dapat diterapkan Bawaslu dalam pengawasan pemilu.

“Kami inginkan dengan penguatan dan informasi yang telah diterima, kami bisa mendapatkan inovasi atau bahan dari masyarakat yang tentunya bisa membuat model pengawasan yang efektif dan sistematis sesuai dengan situasi dan kondisi sosial politik geografis di daerah masing-masing," ujarnya.

"Kami menyadari bahwa masukan dari masyarakat bahkan dari setiap kader pengawas partisipaif sangatlah penting,”sambungnya.

Dalam kesempatan itu juga, Herwyn menegaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu, demi mewujudkan pemilu berintegritas. “Bawaslu menyadari bahwa dengan meningkatnya partisipasi masyarakat akan turut serta mewujudkan pemilu yang berintegritas,” ujar Herwyn.

Sejatinya, kata dia, penyelenggaraan pemilu ini tidak hanya diselenggarakan penyelenggara pemilu saja, secara substansi pemilu itu sebenarnya diselenggarakan bersama-sama rakyat.

Turut hadir sebagai pemateri Direktur Eksekutif Dignity Indonesia Jefry Adriansyah.
Hadir juga dalam kegiatan Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Awaluddin Umbola, Supriyadi Pangellu, dan Donny Rumagit serta Kepala Sekretariat Aldrin Christian.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu