• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Nilai Hoaks Terkait Pemilu Berbahaya dan Mengancam Demokrasi

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja dalam Konferensi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, di gedung CSIS, Kamis (18/1/2024).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menilai informasi hoaks terkait kepemiluan, mengancam demokrasi. Pasalnya, banyak perpecahan terjadi di masyarakat hanya karena masyarakat menerima informasi hoaks kepemiluan secara mentah-mentah.

Bagja mencontohkan, suasana ketika Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu. Saat itu, masa pendukung salah satu paslon Gubernur, terdoktrin politik yang dibalut ayat agama, sehingga terjadi konflik sosial.

"Teman-teman mahasiswa harus berfikir rasional. Jangan 'kemakan' berita hoaks, sehingga memicu konflik sosial," kata Bagja dalam Konferensi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, di gedung CSIS, Kamis (18/1/2024).

Terkait itu, mantan dosen hukum di Universitas Al Izhar tersebut meminta generasi muda untuk bekerja sama dengan Bawaslu dalam mengentas informasi haoks terkait pemilu.

Caranya, ungkap dia, dengan melaporkan kepada Bawaslu apabila menemukan informasi hoaks terkait kepemiluan. Sebab Bawaslu sudah menjalin kerja sama dengan stake holder terkait, semisal Kemenkominfo dan Platform Media Sosial.

"Laporkan kepada kami (Bawaslu) jika ada masalah terkait hoaks kepemiluan," serunya.

Pria jebolan S2 dari Belanda itu juga menjelaskan upaya yang dilakukan Bawaslu untuk mengantisipasi maraknya informasi hoaks kepemiluan. Diantaranya Bawaslu membuat komunitas literasi digital bernama 'JARIMU AWASI PEMILU'.

Komunitas digital ini hadir sebagai solusi dalam melakukan pertukaran informasi, edukasi dan literasi digital pengawasan pemilu, dan respon cepat terhadap disinformasi isu-isu pemilu, serta tindak lanjut aduan konten disinformasi.

"Masyarakat bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk bergabung sebagai pengawas pemilu di ruang digital," pungkasnya.

Editor: Hendi Purnawan
Fotografer: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu