• English
  • Bahasa Indonesia

Bersama Pengawas Pemilu Jateng, Sekjen Bawaslu Awasi Penghitungan Dua TPS Khusus

Sekretaris Jenderal Bawaslu Ichsan Fuadi saat mengawasi pemungutan suara di Kota Semarang, Rabu (14/2/2024)

Semarang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sekretaris Jenderal Bawaslu Ichsan Fuady bersama Ketua dan jajaran Bawaslu Jawa Tengah (Jateng) mengawasi proses penghitungan suara Pemilu 2024 di wilayah Kota Semarang. Pengawasan dilakukan di dua TPS khusus yakni TPS 6 Lapas Perempuan di Bulu, TPS 901 SMK Negeri Jateng, dan satu TPS umum TPS 002 Kelurahan Gajahmungkur.

 

Ketua Bawaslu Jateng Muhammad Amin menyampaikan pengawasan yang dilakukan secara acak di tiga TPS secara keseluruhan berjalan lancar sesuai tata cara dan prosedur. Hanya saja di TPS Lapas Perempuan Bulu, Pengawas TPS (PTPS) sempat memberikan saran perbaikan lantaran penghitungan tidak berurutan sesuai dengan nota dinas yang dikeluarkan KPU.

"Itu sudah diberikan saran perbaikan oleh PTPS karena (penghitungan) tidak berurutan sesuai dengan nota dinas dari KPU. Namun sudah berjalan dengan baik dan sudah dikembalikan sesuai aturan," kata Amin usai melakukan pengawasan di Semarang, Rabu (14/2/2024).

Di TPS khusus lain yakni di SMK Jawa Tengah, ungkap Amin, dan di TPS Gajahmungkur, pemungutan dan penghitungan suara juga berjalan sesuai dengan prosedur. Pengawas pemilu tidak menemukan adanya pelanggaran maupun sengketa yang terjadi. TPS tersebut menjadi TPS khusus karena seluruh pemilih yang terdaftar di DPT TPS itu merupakan siswa dan Sebagian besar merupakan warga pendatang.

"Dari sisi pemilih di TPS SMK, mayoritas sudah menyalurkan hak pilihnya. Kemudian mayoritas pemungutan suara selesai pukul 13.00 WIB," papar dia.

Sebelum mengawasi TPS, Sekjen Bawaslu menyalurkan hak pilihnya di TPS 14 Kelurahan Pendurungan Tengah, Kecamatan Pendurungan, Kota Semarang. Dia datang ke TPS yang bertempat di Balai Rukun Warga pada pukul 11.00 WIB bersama istri dan anaknya.

 

Editor: Deytri R. Aritonang

Foto: Jaa Pradana/ Erleine

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu