• English
  • Bahasa Indonesia

Diskusi Bareng Media, Abhan Sebutkan Persiapan Hadapi Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Abhan (tengah) bersama Anggota Bawaslu M. Afifuddin (kiri) berdiskusi bersama media massa di Kantor Bawaslu, Jakarta, Kamis (6/5/2021)/foto: Humas Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan menyebutkan beberapa persiapan dalam menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024. Pertama kata dia, penyelenggara pemilu perlu melakukan sinkronisasi Peraturan KPU (PKPU) dan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) dalam setiap tahapan.

"Sinkronisasi ini penting, apalagi pelaksanaan  Pemilu 2024 terdapat pemilihan legislatif, presiden, DPD, dan pilkada," kata Abhan saat berdiskusi dengan media di Gedung Bawaslu,  Jakarta, Kamis (6/5/2021).

Kedua, katanya, soal integritas dan kapasitas jajaran ad hoc. Maka, perlu adanya kesiapan dan peningkatan sumber daya manusia. "Peningkatan kapasitas ini sangat penting untuk terus dilakukan agar tidak terjadi kembali kesalahan yang sifatnya teknis. Tidak hanya di Bawaslu saja, tetapi juga di jajaran ad hoc pengawas kecamatan, desa, kelurahan maupun pengawas TPS," kata lelaki asal Pekalongan, Jawa Tengah itu.

Ketiga, ketersediaan perangkat dan kekuatan infrastruktur telekomunikasi. "Kalau 2024 (KPU) ingin menggunakan digitalisasi dalam pelaksanaan pemilu 2024, maka harus dipersiapkan perangkat dan kekuatan infrastuktur telekomunikasi," tegas Abhan.

Keempat, komunikasi serta koordinasi intensif antar penyelenggara dan stake holder lainnya. Menurutnya, komunikasi dan koordinasi ini sangat penting agar tidak terjadi banyak masalah dalam pelaksanan tahapan pemilu.

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menambahkan beban penyelenggara pada Pemilu 2024 sangat berat, terutama untuk jajaran ad hoc. Maka dari itu untuk meringankannya, dia menyarankan dengan menggunakan bantuan teknologi informasi.

"Salah satu cara mengurangi beban  penyelenggara dengan penggunaan teknologi informasi. Mau tidak mau, kalau tidak maka energi, tenaga yang dikeluarkan terutama di jajaran ad hoc berat sekali," kata Afif.

Fotografer: Nurisman
Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu