• English
  • Bahasa Indonesia

Fritz Ajak Mahasiswa Ikut Pengawasan Partisipatif untuk Pemilu 2024

Tanya jawab antara mahasiswa dengan Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar dalam diskusi grup terpumpun Peran Mahasiswa dalam Pengawasan Partisipatif untuk Pemilu yang Demokratis di Sekretariat GMKI Pusat, Jakarta (24/6/2021)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengajak mahasiswa ikut serta dalam pengawasan partisipatif terutama dalam hajatan pemilu atau Pemilihan Serentak pada tahun 2024. Hal itu disampaikannya dalam diskusi grup terpumpun Peran Mahasiswa dalam Pengawasan Partisipatif untuk Pemilu yang Demokratis di Sekretariat GMKI Pusat, Jakarta (24/6/2021).

"Kami (Bawaslu) mengajak teman-teman ikut serta dan aktif dalam pengawasan partisipatif," ajak Fritz didepan para mahasiswa.

Ajakan tersebut merupakan tanggung jawab Bawaslu dalam menggerakan seluruh komponen bangsa termasuk mahasiswa untuk terlibat dalam proses demokrasi mendatang. Terlebih, kata Fritz,  pengawasan partisipatif untuk meningkatkan kualitas demokrasi sehingga menjadi lebih baik.

"Kita harus jujur melihat bahwa proses demokrasi kita masih belum sesempurna yang diinginkan, contohnya saja proses politik uangnya masih ada," tegas Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data, dan Informasi Bawaslu itu.

Dia juga menyebutkan beberapa tujuan pengawasan partisipatif yaitu menjadikan pemilu berintegritas, mencegah terjadinya konflik, mendorong tingginya partisipasi publik, dan membentuk karakter dan kesadaran politik masyarkat.

"Saya percaya anak-anak muda memiliki semangat  untuk melakukan perubahan. Mencapai perubahan itu suatu perjuangan dan suatu perjuangn pasti butuh pengorbanan," tegasnya.

Editor: Jaa Pradana
Fotografer: Robi Ardianto

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu