• English
  • Bahasa Indonesia

Gelar Rapimnas, Abhan Minta Struktural Baru Susun Daftar Inventaris Masalah

Ketua Bawaslu Abhan memberikan arahan dalam Rapat Pimpinan Bawaslu Tahun 2021 Bawaslu dan Bawaslu Provinsi Seluruh Indonesia di Jakarta, Kamis (8/4/2021)/foto: Jaa Pradana

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan meminta para struktural baru yang baru dilantik segera memetakan persoalan apa saja yang ada di Bawaslu. Menurutnya seperti kepala biro harus punya data invertaris masalah. Jika ada masalah yang belum selesai harus segera diidentifikasi lalu duduk bersama untuk mencari solusi dari persoalan tersebut.

"Segera susun inventaris masalah dan koordinasi lintas biro. Jangan ada ego masing-masing biro sebagainya. Struktural ini merupakan satu kesatuan berjalan bersama. Maka harus saling kerja sama," ucapnya dalam Rapat Pimpinan Bawaslu Tahun 2021 Bawaslu dan Bawaslu Provinsi Seluruh Indonesia, di Jakarta, Kamis, (8/4/2021).

Dia menyatakan, setelah dilantik, jajaran struktural baru Bawaslu dikenalkan kepada para pimpinan Bawaslu dan pimpinan Bawaslu Provinsi seluruh Indonesia. Tujuannya, untuk sosialisasi dan saling kenal satu sama lain. Sehingga nantinya bisa memudahkan dalam melakukan koordinasi.

Mantan Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah periode 2012-2017 ini berharap, struktur baru dapat membawa perubahan yang besar bagi Bawaslu dalam menghadapi pemilihan 2024. Karena tantangan pesta demokrasi tiga tahun mendatang tersebut sangat komplek. Pemilihan presiden (pilpres), legislatif (pileg), dan pilkada serentak dilakukan secara bersamaan.

"Struktur baru ini diharapkan mampu membuat Bawaslu menjawab tantangan ke depan. Mari kita buat Bawaslu sukses dalam mengawasi pemilihan 2024," katanya dalam

Dikatakan Abhan dalam Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) sebelumnya hanya ada tiga biro, yaitu biro Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu (TP3), administrasi dan Hukum, Humas, Pengawasan Internal (H2PI). Sedangkan pada SOTK baru ditambah 3 biro. Yaitu biro fasilitasi penanganan pelanggaran, sumber daya dan umum, fasilitasi penyelesaian sengketa proses dan biro keuangan dan barang milik negara. Ditambah deputi Bidang administrasi dan deputi bidang dukungan tekhnis. Inspektur utama yang diisi oleh pejabat eselon I B

"Dengan banyaknya struktur ini diharapkan semakin meningkatkan kinerja jajaran Bawaslu seluruh Indonesia," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Sekertaris Jenderal Bawaslu, Gunawan Suswantoro menuturkan, pejabat yang sudah diantik untuk menjalankan amanah ini dengan baik. Karena sejumlah tantangan dan pekerjaan sudah menunggu di depan. Maka siapkan diri dan jajaran untuk hadapi tantangan tersebut.

"Akhirnya proses seleksi sudah selesai dan para pejabat sudah dilantik. Selamat menghadapi tantangan baru ke depan. Semoga bisa emban amanah ini dengan baik," urainya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu