• English
  • Bahasa Indonesia

Jelang PSU Pilgub Jambi, Bagja Pastikan Keamanan Surat Suara Disimpan di Balai Desa

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja berbincang dengan petugas penyelenggara yang turut menjaga kotak dan surat suara untuk TPS 19 Desa Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Rabu 26 Mei 2021/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu

Jambi, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Dalam patroli pengawasan jelang pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jambi 2020, Anggota Bawaslu Rahmat Bagja menemukan kotak suara dan surat suara untuk TPS 19 yang terdapat di RT 22, Desa Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi masih disimpan di balai desa.

Setelah menelisik dia mendapatkan alasan penyimpanan tersebut. "Kotak dan surat suara masih di balai desa karena tempat di sana (TPS) masih tidak memungkinkan, kemudian tidak terlalu aman untuk dititipkan surat suara," kata Bagja seusai melakukan patroli pengawasan di Jambi, Rabu (26/5/2021).

Bagja juga mendapat keterangan bagaimana pengamanan kotak dan surat suara tersebut. Dia bercerita, kotak dan surat suara yang dititipkan di balai desa dijaga oleh aparat kepolisian dan tentara.

"Kotak suara yang berisi surat suara aman ada CCTV. Juga ada penjagaan dari teman-teman kepolisian dan tentara pengawas TPS dan KPPS," katanya.

Selain itu, berdasarkan hasil patroli pengawasan di satu TPS 19 tersebut, Bagja melihat infrastruktur TPS yang telah memenuhi kriteria, seperti adanya batasan lingkup TPS dengan luar TPS. Hanya saja bilik suara dan bilik suara khusus belum terpasang.

"Untuk tempat cuci tangan, sabun sudah ada, alat pelindung diri sudah diberikan," jelasnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Robi Ardianto

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu