• English
  • Bahasa Indonesia

Lihat Petugas Penyelenggara di TPS Kelelahan, Bagja: Istirahat, Pak!

Bagja berbincang dengan Ketua KPPS PSU di TPS 19 Desa Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi yang sedang bertugas dalam persiapan pelaksanaan PSU Pilgub Jambi , Rabu 26 Mei 2021/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu

Jambi, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Kabupaten Muaro Jambi adalah daerah yang terdapat TPS terbanyak yang akan melakukan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jambi. Jumlahnya mencapai 57 TPS dari 88 TPS atau sekitar 70 persen TPS yang diperintahkan oleh Mahkamah Konstitusi untuk melakukan PSU.

Rabu (26/5/2021) sekitar pukul 18.00 WIB, rombongan Bawaslu dikomandoi Anggota Bawaslu Rahmat Bagja melakukan patroli pengawasan di TPS 19 Muaro Jambi yang terdapat di RT 22, Desa Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota.

Saat itu, hanya ada satu petugas yang berjaga yang lainnya sedang melaksanakan ibadah salat magrib di masjid, yang letaknya memang tidak jauh dari TPS. Sang petugas tak lain merupakan Pengawas TPS bernama Muhammad Sazli Rais Rasyid yang setia berjaga di TPS yang belum selesai untuk dibenahi seperti belum terpasangnya bilik suara.

Kedatangan tim Bawaslu ini disambut Muhammad dengan menceritakan kondisi yang TPS 19 itu. Bagja yang melihat petugas tersebut tampak kelelahan lalu memengingatkan kepada petugas itu untuk menjaga kesehatan dan meminum vitamin.

"Istirahat dulu, Pak. Istirahat, bergantian jaganya dengan yang lain," tutur Bagja.

Tak lama berselang, datang Ketua KPPS bernama Safrudin. Bagja yang melihat muka lelah sang sontak juga mengingatkan Safrudin untuk istirahat sejenak sebelum kembali melanjutkan aktivitas. "Kalau Bapak perlu istirahat saja dulu, Pak. Ada KPPS yang lain kan?," Bagja memberikan saran.

Dia pun menyemangati Safruddin agar tidak stres dan jangan takut meski baru pengalaman pertama menjadi KPPS.

Selama 15 menit Bagja beserta rombongan berada di TPS 19. Setelah itu, tim melaju ke kantor desa tempat penyimpanan kotak suara.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Robi Ardianto

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu