• English
  • Bahasa Indonesia

Target Pertahankan WTP, Pegawai Bawaslu Ikuti Diklat Penyusunan Laporan Keuangan

Bogor, Badan Pengawas Pemilu – Guna memenuhi target dalam mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Bawaslu bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengadakan Pendidikan dan latihan (Diklat) Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual di Lingkungan Bawaslu Tahun 2018 di Bogor, yang telah berlangsung mulai Senin (27/8/2018) hingga Jumat (31/8/2018). Diklat ini

 

Diklat yang diikuti 74 orang peserta ini bertujuan agar staf keuangan yang bertugas sebagai operator Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) dan Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) diharapkan mampu menyusun laporan yang akurat sehingga tercapai tertib administrasi yang dapat dipertanggungjawabkan secara formal. 

 

Hasil yang telah dicapai setelah peserta mengikuti diklat ini adalah memahami sistem akuntansi dan tata cara penyusunan laporan keuangan pemerintah pusat, mampu menjelaskan bisnis ke dalam catatan atas laporan keuangan dan pesera dapat menggunakan aplikasi SIMAK BMN dan menyampaikan data SIMAK BMN ke aplikasi SIMAN, mengerti tata cara pelaporan SAI dari tingkat unit akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) sampai dengan tingkat Pengguna Anggaran. Selain itu peserta dapat mengoperasikan aplikasi SAIBA berikut jurnal terkait proses bisnis yang terjadi selama satu periode, dan peserta mampu menjawab semua soal yang diberikan oleh panitia terkait penyusunan laporan keuangan.

 

Kepala Bagian Keuangan Pakerti Luhur dalam arahannya berpesan kepada peserta diklat agar ilmu yang didapatkan bisa diimplementasikan sehingga dapat mempertahankan WTP yang sudah diraih Bawaslu tiga kali berturut-turut.

 

“Semoga ilmu yang telah didapat selama seminggu ini bisa diimplementasikan sehingga bisa mempertahankan WTP yang sudah diperoleh,” harapnya.

 

Penulis/Foto: Tika

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Rabu, 26 September 2018 - 10:30 WIB
To event remaining 5 days
Tempat :
Roma, Itali
Waktu:
Selasa, 18 September 2018 - 10:00 WIB
Tempat :
Bangka Belitung
Waktu:
Selasa, 18 September 2018 - 10:00 WIB
Tempat :
NTT
Waktu:
Selasa, 18 September 2018 - 10:00 WIB
Tempat :
Sulawesi Barat
Waktu:
Senin, 17 September 2018 - 10:00 WIB
Tempat :
Sulawesi Barat

Video Bawaslu

Mars Pengawas Pemilu
Mars Pengawas Pemilu