• English
  • Bahasa Indonesia

Deputi Bidang Dukungan Teknis

 

Lahir pada 6 September 1967 di Tiouw, salah satu dari tujuh negeri atau desa adat yang termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Saparua, Maluku Tengah, Provinsi Maluku.Berkeluarga dengan istri bernama Herliana A. Kalidi. Dikaruniai tiga anak Ibo Saputra G. La Bayoni, Muhammad S. La Bayoni, serta Putri La Bayoni. Keluarga bahagia ini tinggal di Kawasan Menteng Dalam, Jakarta Pusat.

Pendidikan La Bayoni kecil dimulai di SD Inpres Saparua pada 1975-1981, dilanjutkan dengan SMP Negeri 1 Saparua, serta di SMA Negeri 1 Saparua. Di tingkat pendidikan tinggi La Bayoni mengambil kuliah APDN Ambon dengan jurusan Pemerintahan, lulus pada 1991. Tak puas dengan tiga tahun studinya di APDN, La Bayoni kembali belajar mengambil Program Sarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Terbuka Jakarta dengan mengambil jurusan Administrasi Negara dan lulus 1999.

Setelah menjadi sarjana, mengambil Pendidikan Magister (S2) di  Universitas Hasanudin Makassar dengan mengambil jurusan Administrasi Pembangunan Konsentrasi Pemerintahan Daerah dan lulus pada 2007. Di jenjang strata tiga (S-3) mengambil Ilmu Administrasi dengan konsentrasi Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjajaran Bandung dan lulus tahun 2014.

Sebelum menjabat pimpinan tinggi Aparatur Sipil Negara, karir birokrasi La Bayoni dimulai dari tingkat kecamatan. Pada tahun 1996-1997 La Bayoni tercatat pernah menjadi Pj. Kaur Umum Kecamatan Galela Kabupaten Maluku Utara. Di dunia kepemiluan, sebelum terjun ke Bawaslu, La Bayoni juga pernah menjadi Sekretaris KPUD Kabupaten Halmahera Utara, Maluku pada Juli 2003 - Maret 2006. Lalu dalam rentan waktu 2013-2018, secara berurutan La Bayoni menduduki jabatan kepala sekretariat (Kasek) di tiga provinsi yakni Kasek Bawaslu Provinsi Banten, Kasek Bawaslu Provinsi Papua Barat, serta Kasek Provinsi Maluku Utara.

Selain di dunia kepemiluan, La Bayoni juga pernah menjadi Sekretaris DPRD Kabupaten Halmahera Utara pada Maret 2006- Desember 2013 serta Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Gubernur Maluku Utara Juli 2014 - September 2016.Baginya Pemilu di Indonesia adalah pemilu yang penuh dengan dinamika dalam pelaksanaannya namun selalu ada jalan solusi dalam penyelesaiaannya sehingga sangat unit dan menjadi pusat studi dari seluruh negara  dunia dalam setiap pelaksanaannya.

Lama mengabdi kepada bangsa dan negara, pada tahun 2000 La Bayoni diganjar penghargaan Satya Lencana Karya Satya 20 Tahun dari Presiden Republik Indonesia kala itu. Satyalancana Karya Satya adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya.Kini, La Bayoni tetap mengabdi pada bangsa dan negara yang fokus dalam dunia pengawasan pemilu. Dilantik pada 17 Juni 2021, La Bayoni menduduki jabatan pimpinan tinggi madya sebagai Deputi Bidang Dukungan Teknis Bawaslu.

 

 

Nama Lengkap : Dr. La Bayoni, S.IP, M.Si
Tempat / Tanggal Lahir : Tiouw, 06 September 1967
Jenis Kelamin : Laki - Laki
Pekerjaan : PNS
Jabatan : Deputi Bidang Dukungan Teknis
Pendidikan Terakhir :

S-3

(Dr.) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Padjajaran Program Studi di Doktor Ilmu Pemerintahan
(M.Si.) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Hasanuddin Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan
Alamat Kantor : Jln. M.H Thamrin No.14 Jakarta Pusat
Telepon Kantor : 021-31902128

LHKPN

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

E-PANTAU Bawaslu

 

SAVERO Bawaslu

 

SIGAP Bawaslu

 

e-PANDUMAS

 
 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu