• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan: Laporan Akhir Pengawasan Jadi Rujukan Perbaikan Pemilu

Ketua Bawaslu Abhan saat memberikan sambutan dalam Rapat Fasilitasi dan Koordinasi Laporan Akhir Hasil Pengawasan Pemilu 2019 di Gorontalo, Minggu 14 Juli 2019/Foto: Muhtar

Gorontalo, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, sangat penting merumuskan hasil-hasil pengawasan dan rekomendasi di dalam laporan akhir hasil pengawasan Pemilu 2019. Saran perbaikan dan rekomendasi dari sebuah laporan akhir hasil pengawasan pemilu menurutnya jadi rujukan perbaikan pemilu ke depan.

"Rekomendasi ini adalah rujukan untuk perbaikan pemilu kedepan," katanya saat memberikan sambutan dalam Rapat Fasilitasi dan Koordinasi Laporan Akhir Hasil Pengawasan Pemilu 2019 di Gorontalo, Minggu (14/7/2019).

Baca juga: Siapkan Keterangan, Bawaslu Jambi Dapat Tantangan di Kabupaten Kerinci

Abhan menilai, tugas sebagai pengawas pemilu sangat banyak. Tapi, baginya menjadi tanggung jawab pengawas untuk membuat laporan akhir hasil pengawasan sebagai pertanggungjawaban kepada DPR, pemerintah dan publik. Dia bilang,kalau tidak dituangkan dalam bentuk laporan tidak akan dibaca oleh publik.

"Laporan akhir hasil pengawasan itu adalah amanah dari undang-undang," terangnya.

Dia menambahkan, Bawaslu juga telah menyusun sistematika pembuatan laporan sehingga memudahkan dalam penyusunannya. Abhan mengingatkan, pembuatan laporan sebaiknya yang bersifat komunikatif dan informatif.

"Pada dasarnya bagaimana cara membuat laporan yang mudah dipahami oleh publik," ujarnya.

Baca juga: Afif: Sosialisasi Melekat Tiap Divisi Wujudkan Pengawas Partisipatif

Atas nama Bawaslu pusat, Abhan menyatakan apresiasi kinerja dan empati jajaran pengawas pemilu. Dirinya yakin laporan akhir hasil pengawasan Pemilu 2019 bisa diselesaikan dengan baik.

Editor: Ranap Tumpal HS

Fotografer: Muhtar

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu