• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan: SKPP Simbol Pembangunan Literasi Demokrasi

Ketua Bawaslu Abhan saat memberikan arahan sebelum membuka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu 28 Agustus 2021/Foto: Humas Bawaslu Kabupaten Maros

Maros, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu, Abhan mengatakan dalam pelaksanaan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) peserta dilatih menggunakan perspektif kritis untuk memahami proses demokrasi dan kepemiluan. Hal ini menurutnya dapat membuat SKPP menjadi ruang pembagunan literasi demokrasi di Indonesia saat ini.

"Kurikulum SKPP didesain sedemikian rupa untuk merangsang dan mengembangkan kompetensi generasi muda untuk terlibat aktif dalam proses demokratisasi terutama dalam pengawasan pemilu," ujarnya saat memberi arahan dalam pembukaan SKPP 2021 di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu (28/8/2021).

Dia menambahkan, SKPP memfasilitasi integrasi dan partisipasi aktif generasi muda dalam proses demokrasi melalui pengawasan partisipatif pemilu dengan sudut pandang yang lebih kritis. "Inilah simbol literasi Demokrasi yang sedang dijalankan Bawaslu," tuturnya.

Abhan menerangkan, partisipasi kritis generasi muda dalam pemilu bukanlah kemampuan yang natural, tetapi harus dilatih dan diasah secara sistematis. Dirinya bercera, inilah yang mendasari Bawaslu merancang SKPP dengan metode keaktifan peserta yang lebih dominan dalam pelatihan.

“Untuk itu, sekolah ini kita kembangkan untuk mengasah kemampuan yang diperlukan, bisa berpartisipasi secara cerdas dan sehat dalam proses demokrasi," terang Abhan.

Diketahui, SKPP digagas pusat pendidikan Bawaslu yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis tentang pengawasan bagi kader-kader pengawas dan pemantau
Pemilu serta sarana berbagi pengetahuan dan keterampilan tentang partisipasi masyarakat.

SKPP tahun ini diselenggarakan di 100 titik di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Maros yang penjaringan pesertanya mencakup Kota Makassar, Kabupaten Maros dan Kabupaten Barru (Sulawesi Selatan). Dan akan dilaksanakan 28 hingga 30 Agustus 2021 mendatang.

Editor: Ranap THS
Penulis/Naskah: Satria Sakti (Humas Bawaslu Maros)

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu