• English
  • Bahasa Indonesia

Afif: Bawaslu Bantu Temukan Metode Pemilu Khas Indonesia

Anggota Bawaslu M Afifuddin (batik coklat) saat memberikan pengarahan dalam acara Evaluasi dengan Eksternal Bawasu: Evaluasi Pemilu 2019, Menyongsong Pilkada 2020' yang diselenggarakan oleh Bawaslu Jawa Tengah di Semarang, Senin 14 Oktober 2019/Foto: Andrian Habibi

Semarang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengatakan, kerja pengawas Bawaslu bantu Indonesia menemukan pemilu pas bagi Indonesia. Karena menurutnya, pemilu Indonesia masih dalam bentuk mencari teknis yang tepat. "Bukan yang bagus, tetapi kita mencari pemilu yang cocok," katanya di Semarang, Senin (14/10/2019).

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu ini melanjutkan, pemilu yang cocok itu bisa memfasilitasi seluruh kebudayaan lokal dan kebiasaan masyarakat Indonesia. Namun, teknis penyelenggaraan pemilu juga mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Afif menegaskan, sepanjang penyelenggaraan Pemilu 2019, pengawasan Bawaslu berhasil membantu hakim Mahkamah Konstitusi dalam memutuskan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

"Program kita, awasi-cegah-tindak berhasil meningkatkan jumlah pemantau pemilu, mencegah kebisingan politik di media sosial, operasi tangkap tangan dugaan politik uang, dan menjadi pertimbangan MK," ujarnya.

Dalam kegiatan Evaluasi dengan Eksternal Bawasu: Evaluasi Pemilu 2019, Menyongsong Pilkada 2020 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Jawa Tengah, Afif menyampaikan kepentingan mengevaluasi Pemilu 2019. "Bukan hanya evaluasi untuk proyeksi. Tapi juga memperbaiki teknis penyelenggaraan," terangnya.

Selain itu, mantan Koordinator Nasional Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) ini juga mengingatkan, evaluasi bukan hanya dalam mempersiapkan pengawasan Pilkada 2020. Evaluasi juga bertujuan untuk membantu revisi UU Pemilu yang akan lebih memunculkan ciri khas Indonesia.

"Kita ingin mengevaluasi dan di evaluasi, agar bisa mendapatkan pandangan utuh, baik dari internal Bawaslu, juga dari masyarakat," pintanya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu