• English
  • Bahasa Indonesia

Apresiasi Simulasi Penyederhanaan Surat Suara di Sumut, Abhan: Tetap Berprinsip Transparansi

Ketua Bawaslu Abhan saat mengikuti kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara dengan Desain Surat Suara dan Formulir yang Disederhanakan untuk Pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh KPU di Kantor KPU Provinsi Sumatra Utara, Rabu medio Desember 2021/Foto: Humas Bawaslu Sumatra Utara

Medan, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu RI Abhan mengapresiasi KPU atas terlaksananya kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan desain surat suara dan formulir yang disederhanakan untuk Pemilu 2024. Hal tersebut dia ungkapkan saat menghadiri kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara dengan Desain Surat Suara dan Formulir yang Disederhanakan untuk Pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh KPU di Kantor KPU Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Rabu (15/12/2021).

"Kami atas nama Bawaslu menyampaikan apresiasi atas terlaksanakanya kegiatan simulasi ini," ujarnya saat memberikan kata sambutan.

Abhan mengatakan simulasi ini penting dilaksanakan dalam rangka menyiapkan tahapan Pemilu 2024 mengingat banyak surat suara yang tidak sah saat Pilpres dan Pileg 2019 lalu. Dan dari data yang ada, imbuh dia, jumlah surat suara yang tidak sah di pileg lebih banyak dibandingkan Pilpres 2019.

"Saya kira ada catatan kerumitan pemilih dalam membaca surat suara. Sehingga penting dilakukan sebuah terobosan dengan desain ulang surat suara dan formulir rekapitulasi yang bisa mengurangi beban kerja penyelenggara ad-hoc di KPPS, PPS maupun PPK," kata Abhan.

Selain itu, lanjut dia, desain penyederhanaan surat suara juga harus memerhatikan beberapa prinsip."Tentu re-desain atau desain penyederhanaan surat suara dan formulir rekapitulasi tetap berprinsip pada persoalan transparansi dan akuntabilitas dari proses itu sendiri. Itu saya kira yang menjadi tujuan besar KPU menyelenggarakan simulasi ini," tambahnya lagi.

Abhan berharap simulasi ini menghasilkan format surat suara yang paling ideal. "Saya yakin simulasi ini tidak akan berhenti sampai disini, akan terus dilakukan dalam rangka mencari format yg paling ideal, yang paling efektif, efisien, akuntabel, dan transparan," harap Abhan.

Editor: Ranap THS
Penulis/Fotografer: Mika Situmorang/Qara Nadira (Humas Bawaslu Sumut)

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu