• English
  • Bahasa Indonesia

Audiensi dengan CNE Timor Leste, Bagja Paparkan Program Pengawasan Bawaslu

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja bersama Ketua CNE Timor Leste Jose Agostinho da Costa Belo Pereira usai melakukan audiensi di Gedung Bawaslu, Kamis, (29/09/2022). Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu menerima audiensi perwakilan penyelenggara pemilu dari Timor Leste, Comissão Nacional de Eleições (CNE). Pertemuan yang dikomandoi Ketua CNE Timor Leste Jose Agostinho da Costa Belo Pereira tersebut, disambut oleh Ketua Bawaslu Rahmat Bagja di ruang kerjanya, Kamis (29/9/2022).

Dalam audiensi tersebut, Bagja menjelaskan beberapa program andalan Bawaslu dalam mengawasi pemilu. Salah satunya Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) yang menjadi program nasional. Kehadiran SKPP untuk membentuk sikap kesukarelawanan masyarakat dalam hal pengawasan pemilu.

"Tujuan dibentuk SKPP ini agar alumninya bisa membawa semangat pengawasan pemilu kepada masyarakat," kata Bagja.

Alumni Universitas Utrecht Belanda ini menambahkan, Alumni SKPP tidak hanya melakukan tugas pemantauan pemilu saja, melainkan dapat membantu kerja pengawasan Bawaslu. Selain itu, dapat mencegah terjadinya politik uang dan politisasi SARA di lingkungannya masing-masing.

"Kedepannya peserta SKPP tidak hanya berasal dari mahasiswa saja, melainkan dapat menyasar kader-kader partai politik. Sehingga semangat mengawasi pemilu juga bisa sampai ke parpol," ungkapnya.

Sementara itu, Jose Agostinho da Costa Belo Pereira menuturkan, kehadirannya untuk berbagi pengalaman terkait pengawasan pemilu di Timor Leste dan Indonesia. Saat ini di Timor Leste sedang mengembangkan partisipasi masyarakat dalam hal pengawasan pemilu. Jose menilai SKPP menjadi sumber inspirasi CNE dalam merangkul anak muda untuk ikut aktif mengawasi pemilu.

"Sekarang Timor Leste sedang mengembangkan program pengawasan partisipatif masyarakat dan hal pengawasan. SKPP yang dimiliki Bawaslu, menjadi inspirasi kami mewujudkan peran aktif partisipasi masyarakat di Timor Leste," ungkapnya.

Adapun rombongan penyelenggara pemilu dari Timor Leste tersebut, ada Tito de Jesus Filipe (Electoral Project Manager UNDP Timor Leste, Fidel Gaspar Coelho Silva Pereira, Evangelino de Jesus Fátima (Kepala Kabinet CNE Timor Leste), dan Leonardo Amaral (Direktur STAE).

Editor: Hendi Purnawan
Foto: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu