• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Harap Mediator Siap Selesaikan Sengketa Pilkada 2020

Rahmat Bagja dan Abhan saat menghadiri Pelatihan Mediator Bagi Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Tahap II di Jakarta, Selasa (25/11/2019) malam/Foto: Nurisman

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja berharap Bawaslu daerah siap untuk menjadi mediator dalam menyelesaikan sengketa. Menurutnya, hal ini penting untuk menyambut Pilkada 2020.

Dalam kegiatan Pelatihan Mediator Bagi Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Tahap II yang dilaksanakan Selasa (25/11/2019), Bagja menegaskan kepada peserta untuk tidak main-main dalam mengikuti pelatihan ini. Dia berharap, para peserta kegiatan ini yang kebanyakan merupakan Koornator Divisi Penyelesaian Sengketa dari Bawaslu daerah dapat menjadi mediator yang baik.

"Hati-hati karena ini tidak main-main. Kami harapkan teman-teman mengikutinya dengan baik dan alhamdulillah dari pantauan saya semuanya fokus mengikuti kegiatan ini," ungkapnya.

Baca juga: Bagja Tekankan Peran Penting Generasi Milenial Awasi Pilkada 2020 

Ketua Bawaslu Abhan menambahkan, kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas Bawaslu dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk menyelesaikan sengketa. Selain itu, dia yang juga sama dengan Bagja berharap Bawaslu tingkat provinsi yang menghadiri kegiatan ini meneruskan ilmu yang diperoleh kepada Bawaslu Kabupaten/Kota agar terjadi pemerataan dan pemahaman yang sama dalam menjadi mediator.

"Setelah kegiatan ini, saya harap kawan-kawan tidak pelit ilmunya untuk menyampaikan pada yang lain. Karena penting untuk kita menjadi mediator yang baik," tutur Abhan.

Ke depannya, Bagja, berencana untuk melakukan pelatihan mediator untuk Bawaslu Kabupaten dan Kota dan juga menyusun materi yang sama dalam penyelesaian sengketa melalui jalur mediasi.

"Semoga teman-teman dapat menyelesaikan pelatihan mediator dan mendapatkan sertifikat sehingga kita bisa merumuskan kembali bagaimana mediator untuk kabupaten kota. Saat ini masih umum, nanti kedepannya khusus kabupaten kota kami harapkan lebih baik lagi," jelas Bagja.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh seratus peserta yang terdiri dari Bawaslu Provinsi dan juga jajaran bidang Penyelesaian Sengketa dari Bawaslu pusat.

Fotografer: Nurisman

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu