• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Paparkan Lima Tantangan Pengawasan Pilkada 2020 dan Persiapan Bawaslu

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja saat seminar daring tentang New Normal dan Pilkada berjudul Peluang dan Hambatan yang diselenggarakan DPD KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa 9 Juni 2020/Foto: Irwan (Humas Bawaslu RI)

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Rahmat Bagja memaparkan lima tantangan pengawasan Pilkada Serentak 2020 di tengah pandemik covid-19. Dia juga menjabarkan lanngkah-langkah persiapan sekaligus yang dilakukan Bawaslu.

Dia mengungkapkan, pertama, munculnya jenis pelanggaran administrasi baru. Kedua, lanjut Bagja, memastikan kesediaan semua pihak untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.

"Bawaslu akan memastikan pilkada sehat, maka semua pihak di dalamnya terutama masyarakat harus tetap sehat,” sambung dia saat mengikuti seminar daring tentang New Normal dan Pilkada berjudul Peluang dan Hambatan yang diselenggarakan DPD KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (9/6/2020).

Ketiga, lanjut dia, membutuhkan adaptasi regulasi seperti Perbawaslu dan imlementasinya yang sesuai dengan kondisi pandemik covid-19. "Tantangan kempat yaitu terdapat daerah-daerah dengan indeks kerawanan tinggi," tuturnya.

Kelima, sebut Pria kelahiran Medan, Sumatra Utara ini yaitu diskresi petahana dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) perlu mendapat pengawasan dan sesuai aturan. “Poin kelima ini menurut saya tantangan yang saat ini terus diingatkan Bawaslu supaya tidak ada penyalahgunaan bansos,” tegas Bagja.

Selain itu, Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu ini mengungkapkan, Bawaslu terus melakukan persiapan pengawasan dan penindakan pelanggaran pemilihan di masa pandemik covid-19. Dia mengatakan, Bawaslu sedang menyusun kerangka hukum pengawasan tahapan serta penindakan pelanggaran dan penyelesaian sengketa pemilihan yang disesuaikan dengan keadaan pandemik.

Bagja menambahkan, Bawaslu sedang melakukan pemetaan jenis-jenis pelanggaran baru dalam pilkada di masa pandemik dan skenario pengawasan serta penindakan yang efektif.

Selanjutnya, alumnus Hukum Universitas Indonesia ini menyebutkan sarana dan prasarana pengawasan bagi pengawas pemilu sesuai protokol kesehatan juga masuk hal yang disiapkan Bawaslu.

“Persiapan sarana dan prasarana bagi pengawas pemilu di daerah sesuai protokol kesehatan juga menjadi hal yang perlu kami persiapkan,” jelasnya.

Terakhir, kata dia, penyiapan terkait optimalisasi pengawasan berbasis teknologi informasi dan optimalisasi pusat pengawasan partisipatif.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu