• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Sampaikan Tantangan Keterwakilan Perempuan dalam Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (dua dari kanan) menjadi narasumber dalam Rakornis Bidang Perempuan dan Pendidikan bagi Ormas dan Organisasi Sayap Perempuan Partai Golkar Tahun 2024, di Jakarta, Sabtu  (27/08/2022)/foto:Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menjelaskan strategi dan tantangan keterwakilan perempuan dalam pemilu serentak 2024. Dia menegaskan perempuan dan laki-laki di Indonesia memiliki hak yang sama dalam pemilu 2024.

"Perbedaan gender tidak dapat dijadikan alasan untuk memindahkan kedudukan atau hak yang sama dalam partisipasi Pemilu 2024," ungkapnya dalam Rakornis Bidang Perempuan dan Pendidikan bagi Ormas dan Organisasi Sayap Perempuan Partai Golkar Tahun 2024, di Jakarta, Sabtu  (27/08/2022).

Dalam pencalonan legislatif setiap tingkatan perempuan harus memiliki kouta 30%. “Undang-undang 7 tahun 2017 mengatakan 30% keterwakilan perempuan pada urusan politik tingkat pusat dan pencalonan legislatif setiap tingkatkannya” ujar Bagja.
Alumnus Universitas  Indonesia (UI) itu melanjutkan salah satu masalah dalam pemilu legislatif yaitu pendaftaran dan penetapan calon anggota legislatif dan pasangan calon yang di mana perempuannya tidak memilki kouta hingga 30% dan tidak memenuhi syarat untuk menjadi peserta pemilu.

Masalah berikutnya yaitu Daftar Pemilih Tetap (DPT) “Pastikan tim sukses dan keluarga telah terdaftar dalam DPT sehingga dapat memilih ibu-ibu sebagai calon legislatif," katanya.

Bagja menambahkan coklit DPT akan dilaksanakan pada september dan oktober 2024.

Editor: Jaa Pradana
Fotografer: Jaka

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu