• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Tinjau Panwascam di Pulau Terdepan Natuna

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja saat berdiskusi dengan jajaran Panwascam Bunguran Barat, Natuna, Senin 17 Februari 2020/Foto: Humas Bawaslu RI

Sedanau, Badan Pengawas Pemilu - Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Rahmat Bagja melakukan peninjauan langsung Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kelurahan Sedanau dan Batubi, Kecamatan Bunguran Barat, pulau terdepan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Kedatangannya dalam rangka memastikan kesiapan Panwascam melakukan pengawasan dalam setiap tahapan Pilkada 2020 dan perekutan Panwas Desa/Kelurahan.

"Saya hadir di sini untuk memastikan juga melihat kesiapan terbentuknya Panwas Kelurahan/Desa pada pemilihan kepala daerah tahun 2020 ini," ujarnya saat berdiskusi dengan jajaran Panwascam Sedanau dan Batubi, Senin, (17/2/2020).

Bagja bercerita, proses pembentukan Panwas Kelurahan/Desa di Kecamatan Bunguran Barat terkendala beberapa masalah berkaitan dengan waktu pendaftaran, syarat pendidikan pendaftar, dan jarak wilayah antara pulau satu dengan pulau lainnya. Karena itu, dia memberikan saran pentingnya tambahan waktu pendaftaran.

Selain itu, juga terdapat masalah di beberapa desa yang pendidikannya hampir merata hanya tamat sekolah menengah pertama (SMP). Padahal, menurutnya, berdasarkan keputusan Ketua Bawaslu Nomor 15/K.Bawaslu/KP.0100/II/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwas Kelurahan/Desa itu paling tidak lulus sekolah menengah atas (SMA). Atas hal ini, Bagja menyarankan agar tetap perpedoman aturan keputusan tersebut.

"Akan tetapi jika dalam waktu yang telah ditentukan tidak ditemukannya pendaftar yang memenuhi syarat sesuai keputusan, maka Panwascam segera mengkonsultasikan kepada Bawaslu Kabupaten dan Bawaslu Provinsi untuk diambil langkah-langkah konkret, sehingga pembentukan Panwas Kelurahan/Desa tetap berjalan dan terlaksana.

Sekadar informasi, dalam peninjauan ini, Bagja didampingi pimpinan Bawaslu Kepulauan Riau serta Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna beserta jajarannya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Nurisman

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu