• English
  • Bahasa Indonesia

Bahas Pengamanan Pilkada, Bawaslu Beri Masukan Ke Polri

Pontianak, Badan Pengawas Pemilu - Sebanyak 132 anggota Polri dan TNI menghadiri Rapat Koordinasi bidang operasional dalam rangka persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018, di Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (05/02/2018) pagi. Rakor yang diselenggarakan oleh Mabes Polri ini dipimpin langsung oleh Asisten Bidang Operasi Kapolri Irjen Pol Mochamad Iriawan.

Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar mengapresiasi kegiatan yang bertujuan untuk mematangkan persiapan pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tahun 2018 oleh pihak Polri dan TNI ini. “Kami sangat mengapresiasi, menghargai dan memberikan penghargaan yang tinggi terkait dengan kegiatan seperti ini, terimakasih kami sudah diundang untuk kita berbagi, sharing tentang Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada Serentak 2018,” ujar saat menjadi narasumber.

Menurutnya dalam IKP 2017, hasil atau cara pandang Bawaslu dan Polri hampir sama dalam penilaian atau kategorisasi daerah mana yang dianggap rawan, sedang serta ringan yang perlu diawasi oleh pihak keamanan. Seperti diketahui, Bawaslu menetapkan Kalbar sebagai Provinsi urutan tiga dalam daerah rawan konflik Pilkada 2018 se-Indonesia.

“Mengapa IKP penting harus kami buat, adalah cara kami dalam memprediksi, mengkategorisasi, serta sebagai alat untuk pemetaan dalam mengetahui kerawanan suatu daerah, mana daerah yang rawan, sedang dan ringan dan juga sebagai earli warning untuk dijadikan masukan kepada stakholder atau lembaga lain seperti kepolisian,” katanya.

Fritz juga menambahkan konsep kerawanan pemilu menurut Bawaslu adalah segala hal yang berpotensi, menganggu atau menghambat pemilu yang demokratis. “Kami berharap indeks ini tidak terjadi, tapi apa mau dikata sepertinya indeks ini mendekati kebenaran,” pungkasnya.

Rapat Koordinasi juga dihadiri juga oleh Wakil Asisten Bidang Operasi Panglima TNI, Komisioner KPU RI, Viryan Aziz, Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono serta para Kapolda se-Kalimantan, para Pangdam se-Kalimantan, para Danrem se-Kalimantan, para Karo De Ops Polri, serta jajaran seluruh Polda se-Indonesia.

Penulis dan Photo : Nurisman 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu