• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Ajak Kader GAMKI Awasi Tahapan Pemilu dan Pilkada 2024

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda dan Totok Hariyono menerima audiensi Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di kantor Bawaslu Kamis, (30/6/2022).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda mengajak seluruh kader Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) untuk berpartisipasi dalam Pemilu dan Pilkada 2024. Hal ini disampaikan Herwyn dalam audiensi di kantor Bawaslu Kamis, (30/6/2022)

“Saya mengajak seluruh kader GAMKI untuk menjadi gembala bagi masyarakat Kristen, pemuda gereja untuk bersama-sama Bawaslu menyukseskan pemilu dan demokrasi di Indonesia," ungkapnya.

Menurut Herwyn, masyarakat paling berperan penting dalam proses pemilu dan demokrasi di Indonesia. Sedangkan Bawaslu bertugas untuk mengorganisir sistem pengawasannya. Maka, Herwyn mengharapkan seluruh elemen masyarakat dapat berpartisipasi mengawasi jalannya pesta demokrasi.

“Sebenarnya yang lebih berperan dalam pengawasan Pemilu itu masyarakat. Kami (Bawaslu) ini hanya mengorganisir sistem pengawasannya, melalui pengawasan partisipatif. Nah, kami harap masyarakat berpartisipasi aktif dalam jalannya Pemilu dan demokrasi, termasuk GAMKI," terangnya.

Senada dengan Herwyn, Anggota Bawaslu Totok Hariyono berharap, GAMKI dapat aktif mengawasi jalannya pemilu dan demokrasi dengan cara mendaftar menjadi pemantau pemilu.

“GAMKI kan punya tingkatan pengurus dari pusat sampai kabupaten/kota. Kalau GAMKI berpartisipasi mengawasi pemilu dan demokrasi dengan cara daftar menjadi pemantau Pemilu, wah, akan sangat hebat demokrasi kita," ujarnya.

Pengurus GAMKI menunjukkan antusiasme mendengar hal tersebut dan berencana segera mengajukan kerja sama melalui Memorandum of Understanding (MoU).

“Tahun 2019 kemarin kami juga menjadi pemantau pemilu yang terakreditasi oleh Bawaslu. Tahun ini kami akan mendaftar. Selain itu, kami juga akan segera proses pengajuan MoU kepada Bawaslu secepat mungkin”, tutur Ketua GAMKI, Willem Wandik.

Dalam audiensi ini, Bawaslu menekankan pengawasan partisipatif sangat dibutuhkan dalam Pemilu Serentak 2024. Tantangan pesta demokrasi dua tahun mendatang tersebut akan berat karena diselenggarakan serentak di 33 provinsi dan 508 kabupaten/kota di Indonesia. Sehingga Bawaslu mengharapkan berbagai elemen masyarakat bersama-sama mengawasi jalannya pemilu dan demokrasi di Indonesia.

Penulis dan Fotografer: Ilham Thoriq
Editor: Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu