• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Ajak WNI Ikut Awasi Pemilu Luar Negeri

Bawaslu akan fokus mengawasi kampanye yang menggunakan ujaran kebencian, hoaks dan Politisasi SARA yang ada di luar negeri dengan mengajak WNI ikut pengawasan partisipatif.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) akan melakukan sosialisasi tentang kepemiluan bagi warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri. Bawaslu mengajak agar WNI yang tinggal di luar negeri dapat berpartisipasi mengawasi Pemilu di luar negeri. 

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro saat memimpin Rapat Pokja Panitia Pengawas Pemilihan Umum Luar Negeri (Panwaslu LN) antara Bawaslu dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu)  di ruang rapat Inspektorat Jenderal Gedung Kemenlu, Jakarta, Kamis (19/04/2018).

“Kami akan mengajak masyarakat yang ada di tujuh regional perwakilan bisa ikut serta dalam pengawasan pemilu partisipatif,” ujar Gunawan. Dia menyebutkan, tantangan Panwas yang terpilih pada Pemilu ke depan akan semakin berat. Maka dari itu, perlu adanya partisipasi dari masyarakat, termasuk WNI di luar negeri.

Gunawan menyampaikan, Panwaslu LN akan dibantu oleh pokja ini membantu dan menampung apa yang menjadi masalah Pengawasan Pemilu di luar negeri. Bawaslu juga akan fokus mengawasi kampanye yang menggunakan ujaran kebencian, hoaks dan Politisasi SARA yang ada di luar negeri. 

“Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama tahapan pemilu di luar negeri. Pentingya pokja ini untuk selalu berkordinasi dengan panwas-panwas di masing-masing perwakilan. Setelah itu akan kita analisa dan kita lakukan supervisi untuk melakukan pencegahan,” pungkasnya.

Penulis/Foto : Baguz

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu