• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Temukan Beberapa PPK Berstatus Pengurus Partai

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin memberikan arahan dalam Rakernis Pengawasan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur Tahun 2020, Jumat (14/2/2020). Foto : Hendi Purnawan

Sumba Tengah, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu menemukan beberapa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang diseleksi KPU terindikasi sebagai pengurus partai politik peserta Pemilu 2019. Bahkan, beberapa diantaranya merupakan mantan calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bawaslu Mochammad Afifuddin mengatakan, temuan tersebut didapatkan dari pengawasan rekrutmen PPK oleh jajaran Bawaslu di daerah. Afif menegaskan, bila calon PPK berstatus pengurus parpol tetap diloloskan, hal tersebut melanggar ketentuan persyaratan pendaftaran PPK.

"Dari hasil pengawasan kami mendapati PPK yang melanggar syarat pendaftaran PPK," ungkapnya saat berkunjung ke Bawaslu Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, Kamis (13/2/2020).

Afif menjelaskan, salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi oleh calon PPK yaitu tidak menjadi anggota parpol yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau paling singkat dalam jangka waktu lima tahun. Kemudian calon PPK juga tidak sedang menjadi anggota parpol yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan.

"Kami terus memantau hasil pengawasan dari jajaran Bawaslu di daerah. Teman-teman sedang menyelesaikan hasil pengawasan PPK," cetus Alumni Univeritas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Afif menegaskan, Bawaslu akan segera mengambil tindakan jika PPK yang sudah lolos seleksi tersebut terbukti sebagai anggota parpol dan melanggar persyaratan lainnya.

"Kami akan minta kepada KPU untuk mengganti nama-nama PPK yang telah kami anggap bermasalah dan tidak layak terlibat dalam Pilkada Serentak 2020," tuturnya.

Editor : Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu