• English
  • Bahasa Indonesia

Dukung Penegakan Etik, Bagja: Masa Depan Martabat Pemilu Ada di DKPP

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat memberikan sambutan dalam kegiatan Pemantapan dan Optimalisasi Kinerja Sekretariat DKPP di Ruang Sidang Utama DKPP, Jakarta, Senin (6/6/2022) malam.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menyatakan dukungan bagi Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dalam menegakkan dimensi etik penyelenggaraan pemilu di tanah air. Bagi dia, masa depan martabat pemilu ada di tangan DKPP.

“Martabat pemilu ke depan ada di tangan DKPP. Kami (Bawaslu) akan terus mendukung DKPP sesuai dengan undang-undang,” tuturnya dalam kegiatan Pemantapan dan Optimalisasi Kinerja Sekretariat DKPP di Ruang Sidang Utama DKPP, Jakarta, Senin (6/6/2022) malam.

Bagja memandang kepercayaan merupakan masalah yang akan ditemui dalam gelaran pemilu mendatang.
Di samping itu, momen ini juga dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) yang kesepuluh DKPP pada 12 Juni 2022. Bagja mengapresiasi dan mendukung penuh ketua, anggota, serta jajaran sekretariat DKPP.

“Kalau kita hanya hukum saja,  perahu hukum kadang-kadang tidak pas  makanya masuk ke dalam lautan etik,” ucap alumnus Universitas Indonesia itu memberikan kiasan mengenai penegakan hukum pemilu yang diikuti penerapan kode etik yang berlaku.

Di tempat sama Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro turut mengapresiasi kinerja DKPP dalam satu dasawarsa ini. “Alhamdulillah DKPP selama 10 tahun bahwa penyelenggaraan pemilu ini terhormat, ini kebanggaan kita,” katanya.

Dia menuturkan penyelenggara pemilu harus dipercaya oleh semua lapisan masyarakat dan golongan. Menurut Gunawan, apabila penyelenggara pmilu tidak dipercaya partai politik dan masyarakat, niscaya akan kacau balau.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun yang kesepuluh bagi DKPP. Mudah-mudahan DKPP tetap menjadi besar untuk demokrasi Indonesia,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Bagja dan Gunawan juga turut diberikan penghargaan atas dukungan dan koordinasi Lembaga yang sangat baik kepada DKPP.

Editor: Ranap THS
Foto: Humas DKPP

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu