• English
  • Bahasa Indonesia

Evaluasi Panwas LN, Lolly: Terima Kasih Telah Melakukan Pengawasan dengan Baik

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat memberikan arahan kepada seluruh pengawas Luar Negeri di Jakarta, Rabu malam, (8/5/2024).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Lolly Suhenty angkat topi dengan kinerja pengawas pemilu di luar negeri yang telah melakukan pengawasan dengan baik. Mulai dari kesiapan pengawasan logistik, pemungutan suara, sampai proses rekapitulasi suara.

"Terima kasih telah melakukan pengawasan dengan baik. Kinerja para pengawas LN patut diapresiasi," ucapnya saat membuka Rapat Evaluasi Pengawasan Luar Negeri Pemilu Tahun 2024, di Jakarta, Rabu malam, (8/5/2024).

Koordinator pencegahan, partisipasi dan hubungan masyarakat ini menambahkan, dia salut dengan kinerja pengawas luar negeri yang menunjukkan keberanian saat melakukan pengawasan. Seperti melakukan penelusuran suara yang kurang, melakukan rekomendasi saran perbaikan, dan berupaya memastikan WNI di luar negeri tidak kehilangan hak untuk menggunakan hak suara.

"Negara punya kewajiban untuk memastikan hal sekecil apapun harus difasilitasi. Termasuk hak untuk menggunakan hak suara. Berkat kinerja kalian (pengawas LN) pemungutan suara bisa berjalan dengan baik," tegasnya.

Dikatakan Lolly, seluruh panwas LN diwajibkan untuk membuat laporan pengawasan yang telah dilakukan. Laporan tersebut berisi catatan pengawasan atau kejadian-kejadian yang berlangsung selama tahapan pemilu berlangsung dari awal sampai selesai. Baik catatan buruk atau baik perlu dituangkan dengan detail dan rinci.

"Laporan dibuat supaya rekam jejak kinerja pengawasan tidak hilang. Hasilnuya akan dibaca oleh pihak yang ingin mengetahui pengawasan pemilu di LN. Bahkan bisa menjadi bahan kajian oleh akademisi maupun masyarakat.

Editor: Reyn Gloria
Foto: Hendi Poernawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu