• English
  • Bahasa Indonesia

Fritz Minta Sidalih Berikan Informasi Cepat dan Terbuka

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar memberikan masukan kepasa KPU dalam acara Bimbingan Sistem Informasi Data Pemilih Versi 4.0 di Jakarta, Selasa (10/3/2020). Foto : Humas Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar meminta Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) milik KPU bisa melayani informasi secara cepat dan terbuka. Cepat dalam memberikan informasi kepada seluruh pihak yang membutuhkan serta terbuka dalam menyampaikan data pemilih secara reguler tanpa diminta.

“Sidalih harus responsif ketika ada peserta pemilu, masyarakat atau penyelenggara pemilu yang membutuhkan informasi pencalonan,” katanya dalam acara Bimbingan Sistem Informasi Data Pemilih Versi 4.0 di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Pria kelahiran Medan, Sumatera Utara, 27 November 1976 ini menambahkan, Sidalih harus mampu menyediakan layanan yang mengadaptasi kebutuhan daerah sesuai dengan ciri khas masing-masing. Selain itu, Sidalih harus tetap memberikan porsi kepada kekuatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam proses pemutakhrian data di Propinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan dengan memperbanyak operator.

“Jumlah operator harus mencukupi untuk mengurangi kesalahan dalam proses pengisian data ke dalam sidalih,” terangnya.

Selama beberapa waktu terakhir, sambungnya, Bawaslu menemukan beberapa catatan kekurangan sidalih. Dimulai dari penyediaan data belum dalam berbagai format seperti PDF, Excel, CSV dan dalam lingkup yang lebih kecil. Lalu penyediaan data bersifat terpusat.

“Kami sering diberi banyak data oleh KPU. Tetapi belum disortir. Sehingga kami harus cek satu per satu. Lalu data tersebut kami transfer ke file lain. Ini tidak efisien dan membutuhkan banyak waktu,” ujarnya.

Pengajar hukum tata negara di Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera ini juga mendapat laporan Sidalih sering mati, ketika operator sedang memasukkan data. Akibatnya, tidak semua data yang sudah diinput bisa dikembalikan ketika Sidalih sudah normal kembali.

“Kami rekomendasi ada dua sistem yang back up Sidalih. Supaya datanya tidak hilang dan tidak perlu mengulang lagi,” tandasnya.

Editor : Jaa Pradana
Fotografer : Robi Ardianto

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu