• English
  • Bahasa Indonesia

Fritz Sebut SKPP Sarana Pendidikan Politik Generasi Muda

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar membuka kegiatan SKPP di Brebes, Jawa Tengah, Rabu (22/9/2021).

Brebes, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengatakan kegiatan SKPP tidak sekadar kegiatan Bawaslu saja, melainkan perwujudan janji Presiden Jokowi terkait pendidikan politik bagi generasi muda.

Fritz melanjutkan bentuk perwujudan janji presiden tersebut kemudian diletakan dalam anggaran Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan diserahkan kepada Bawaslu.

"Sehingga seluruh konsep dan materi yang diberikan kepada peserta merupakan bagian dari kerjasama antara Bawaslu, Bappenas dan KSP," kata Fritz saat membuka SKPP di Brebes, Rabu (22/9/2021).

Fritz menjelaskan proses demokrasi di Indonesia belum berjalan sempurna. Maka, kata dia dibutuhkan kolaborasi dari semua pihak untuk mewujudkan proses demokrasi yang sempurna baik dari pemerintah, aparat keamanan, penyelenggara pemilu, dan masyarakat.

"Kita semua memiliki peran masing-masing, pemerintah daerah berusaha menampilkan data kependudukan yang baik untuk dijadikan data pemilih yang baik, KPU menjaga pemilu dengan sistem yang lebih baik, Tentara dan Polisi menjaga agar keamanan lebih baik," ujarnya.

Sementara, Bawaslu ujar pria kelahiran Medan, Sumatra Utara tersebut mengawasi pemilu dengan lebih baik, dan kader SKPP memiliki komunitas masyarakat yang dapat diajak berpartisipasi mengawasi dan membangun kesadaran masyarakat dalam mengawasi pemilu agar jadi lebih baik.

"Tidak ada satupun lembaga yang merasa super dalam merawat demokrasi, karena itu adalah tugas kita bersama. Pertanyaannya apakah kita memiliki kesadaran yang sama saat terjadinya pelanggaran pemilu di Indonesia? Untuk itulah dibutuhkan partisipasi dari kita semua untuk menjaga agar pemilu berjalan sesuai konstitusiā€ ungkap Fritz.

Pria lulusan University of New South Wales Australia tersebut menegaskan perjuangan tidak bisa dilakukan sendirian, sebaliknya perjuangan harus dilakukan bersama-sama.

"Kami harap para kader pengawasan dapat saling membangun komunikasi, saling memberi dukungan, saling memberikan ide, dan saling menguatkan untuk sama-sama berjuang merawat demokrasi," harap Fritz.

Penulis dan foto : Dede (Humas Bawaslu Provinsi Jawa Tengah)

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu