• English
  • Bahasa Indonesia

Gunawan: Bawaslu Siap Kerja Sama Dengan BPK

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro (kiri) dan Kepala Sub Auditorat BPK Aryono Prakoso saat menghadiri workshop bertema: Peran Bawaslu dalam Penyelenggaraan Pemilu 2019 yang diselenggarakan BPK di Jakarta, Rabu 11 September 2019/Foto: Robi Ardianto

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro menegaskan, Bawaslu siap menjalin kerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam melakukan pemeriksaan anggaran penyelenggaraan Pemilu 2019. Hal tersebut disampaikannya saat menjadi narasumber Workshop Pemeriksaan Kinerja Penyelenggara Pemilu 2019 yang diselenggarakan BPK.

“Bawaslu siap bekerjasama dengan seluruh pemeriksa BPK di 34 provinsi, baik jika Bawaslu yang diperiksa ataupun menjadi 'partner' pemeriksa BPK dalam rangka memeriksa KPU, kami siap,” sebutnya saat menjadi pembicara workshop bertema: Peran Bawaslu dalam Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Baca juga: Komisi II Akan Serahkan Kesimpulan Pagu Anggaran Pilkada 2020 ke Banggar

Gunawan bilang, telah memerintahkan kepada Bawaslu tingkat provinsi, kabupaten, dan kota agar selalu membuat rekomendasi saat mendapatkan temuan dan kemudian diserahkan kepada KPU. Menurutnya, rekomendasi atau data tersebut sebagai bukti Bawaslu tingkat pusat, provinsi, kabupaten, dan kota telah bekerja dengan baik.

"Seandainya (BPK) nanti memeriksa di provinsi, kabupaten, dan kota, saya akan perintahkan kepada Bawaslu setempat agar menyiapkan data yang dibutuhkan dan ingin dilihat," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, moderator acara yang juga Kepala Sub Auditorat BPK Aryono Prakoso berharap dukungan dari Bawaslu pusat agar menginformasikan kepada Bawaslu daerah untuk mendukung pemeriksaan penyelenggara Pemilu 2019.

Baca juga: Bawaslu Daerah Diharapkan Tingkatkan Kualitas Penananganan Sengketa Proses Pilkada 2020 

"Kami mohon dukungannya dari Bawaslu pusat agar menginformasikan kepada Bawaslu daerah dalam mendukung pemeriksa BPK untuk pemeriksaan penyelenggaraan pemilu 2019. Kami juga akan menyiapkan kuisoner untuk Bawaslu provinsi, kabupaten, kota, dan juga dipusat nanti," pinta dia.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 22 November 2019 WIB
To event remaining 37 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 21 November 2019 WIB
To event remaining 36 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Rabu, 20 November 2019 WIB
To event remaining 35 days
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 15 Oktober 2019 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 14 November 2019 WIB
To event remaining 29 days
Tempat :
Jakarta

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu