• English
  • Bahasa Indonesia

Hadiri Evaluasi Pengawasan Daftar Pemilih, Lolly: Bawaslu Terus Lakukan Pengawasan Ketat

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty menghadiri Rapat Evaluasi Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yang diselenggarakan Bawaslu Bali, Kamis (2/6/2022)

Bali, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Lolly Suhenty mengatakan Bawaslu terus melakukan pengawasan ketat terhadap pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan (DPB) salah satunya melalui uji petik. Hal tersebut dikatakannya saat Rapat Evaluasi Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yang diselenggarakan Bawaslu Bali, Kamis (2/6/2022).

Evaluasi tersebut, kata Lolly merupakan salah satu bagian dari pencegahan yang dilakukan. Sekaligus, untuk memastikan validasi dari daftar pemilih di Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024. Terlebih lagi, ujarnya permasalahan daftar pemilih kerap berulang saat perhelatan pemilu dan pemilihan.

“Evaluasi terhadap pemutakhiran berkelanjutan ini bertujuan untuk memastikan validitas dari data daftar pemilih tetap pada Pemilu dan Pemilihan 2024 mendatang,”ujarnya.

Srikandi pengawasan itu juga menegaskan Bawaslu akan mengutamakan pencegahan, sebagai upaya awal untuk meminimalisir terjadinya permasalahan terkait kepemiluan nanti.

"Prioritas utama dari Bawaslu sekarang adalah memperkuat pencegahan, memperkuat partisipasi masyarakat, serta memastikan bahwa informasi yang tersebar di masyarakat merupakan informasi yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan," tegasnya.

Ketua Bawaslu Bali Ketut Ariyani menjelaskan jajarannya telah melakukan uji petik untuk memverifikasi secara faktual terhadap data pemilih berkelanjutan yang dilakukan KPU kabupaten/kota. 

"Proses pengawasan pemutakhiran DPB telah berjalan sejak usainya Pemilihan Tahun 2020 lalu," ujarnya.

Dalam Evaluasi tersebut hadir pula anggota Bawaslu Bali, Komisioner KPU Bali I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya beserta ketua dan koordinator divisi Pengawasan Bawaslu kabupaten/kota se- Bali.

Penulis : Gungna
Foto : Adit

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu