• English
  • Bahasa Indonesia

Hoaks dan Ujaran Kebencian di Medsos, Fritz : Tangkal dengan Pesan Positif

Koordinator Divisi Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu Fritz Edward Siregar saat menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis Peliputan dan Penulisan Berita yang diselenggarakan oleh Bawaslu Maluku Utara, Ternate, Jumat 8 November 2019/Foto: Robi Ardianto

Ternate, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menyebutkam, salah satu cara menangkal hoaks dan ujaran kebencian di media sosial (medsos) yaitu dengan menyebarkan pesan-pesan positif kepada publik.

"Banyak orang yang melakukan menanggapi negatif ataupun ujaran kebencian di medsos. Kenapa kita (Bawaslu) tidak menangkalnya dengan menyebarkan hal-hal dan pesan yang baik di medsos," katanya saat menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis Peliputan dan Penulisan Berita yang diselenggarakan oleh Bawaslu Maluku Utara di Ternate, Jumat (8/11/2019).

Menurutnya, dengan menyebarkan pesan positif, sama hal dengan menjalankan fungsi kehumasan yaitu dalam membentuk opini publik.

"Salah satu fungsi kehumasan yaitu dapat membentuk opini publik. Pengetahuan masyarakat harus diarahkan kearah positif dengan memberikan informasi yang baik dan benar," ujarnya.

Dalam menangkal ujaran kebencian dan hoaks, lanjutnya, Bawaslu telah kerja sama dengan berbagai lembaga. "Kita memiliki peluang untuk mengalahkan opini masyarakat agar mereka mendapatkan informasi yang benar. Tinggal apakah peluang tersebut digunakan atau tidak?,"tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Fritz juga menyebutkan, empat fungsi kehumasan di Bawaslu. Pertama untuk memperkenalkan program Bawaslu. "Humas harus bisa memperkenalkan program-program Bawaslu kepada publik," tegasnya.

Selanjutnya, humas harus bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui berbagai media. "Humas harus mampu menyampaikan informasi baik melalui media cetak, elektronik atau media daring (online) termasuk media sosial,"sebutnya.

Humas juga diminta sebagai penghubung antar lembaga. "Humas tidak hanya berhubungan dengan masyarakat, tetapi juga harus mampu berhubungan dengan lembaga lain," tutur Koordinator Divisi Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu itu.

Terakhir, humas harus mampu memperkuat citra lembaga. "Sehingga, penting bagi humas menyusun strategi yang efektif agar fungsi-fungsi tersebut bisa dijalankan dengan baik," ujarnya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu