• English
  • Bahasa Indonesia

Jadi Anggota A-WEB, Bawaslu Bakal 'Go International'

Ketua Bawaslu Abhan saat menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi Nasional Sosialisasi Hasil Pengawasan Pemilu 2019 di Surabaya Jawa Timur, Minggu (25/8/2019) malam/Foto: Jaa Rizka Pradana

Surabaya, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu bakal menjadi anggota resmi Association of World Election Bodies (A-WEB) atau perkumpulan lembaga penyelenggara pemilu internasional. Peresmian keanggotaan akan berlangsung pada 2 September 2019 di India.

"Besok kami diundang ke sana untuk pengesahan sekaligus pengukuhan sebagai anggota A-WEB di India," ungkap Ketua Bawaslu Abhan di Surabaya Jawa Timur, Minggu (25/8/2019).

Baca juga: Bawaslu Samakan Persepsi Metode Sosialisasi Hasil Pengawasan Pemilu 2019 

Menurutnya, hal ini merupakan usaha serta kerja keras Bawaslu dari seluruh tingkatan. Dia menyebutkan, sudah saatnya Bawaslu berbicara di dunia internasional. Terlebih, Bawaslu merupakan produk lembaga orisinil Indonesia.

"Saya kira ini sebuah kemajuan kita untuk bisa go international," ucap lelaki asal Pekalongan, Jawa Tengah tersebut.

Abhan menambahkan, Bawaslu sendiri sejak 2018 sudah memulai langkah berbicara di ranah dunia. Tahun lalu, Bawaslu diundang untuk menjadi pembicara dalam forum global network di Mexico. Pada Agustus 2019, lembaga pengawas juga kembali diundang dalam forum yang sama.

"Ini bagaimana cara mengkampanyekan Bawaslu ke ranah Internasional?," tanyanya.

Baca juga: Abhan: Capek Belum Selesai, Pengawas Kembali Kerja

Perlu diketahui, A-WEB sendiri merupakan asosiasi lembaga penyelenggara pemilu dari seluruh dunia. Saat ini sudah ada 114 lembaga dari 106 negara yang telah menjadi anggotanya. A-WEB yang bermarkas di Korea Selatan mempunyai visi mendorong efisiensi dan efektifitas kebebasan, keadilan, transparansi, dan partisipasi pemilu di dunia.

Editor: Ranap THS

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu