• English
  • Bahasa Indonesia

Jalin Kerja Sama dengan Bawaslu, Undip Akan Buka Prodi Pascasarjana Tata Kelola Pengawasan Pemilu

Sekretaris Jenderal Ichsan Fuady dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip, Hardi Warsono menunjukan perjanjian kerja sama penandatanganan kerjasama dengan Bawaslu pada Kamis, (10/8/2023) di Semarang, Jawa Tengah.

Semarang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Universitas Diponegoro (Undip), Jawa Tengah akan mendukung kerja-kerja Bawaslu melalui pembukaan program studi (prodi) pascasarjana Tata Kelola Pengawasan Pemilu. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip, Hardi Warsono mengatakan program ini diharapkan dapat mulai berjalan pada tahun akademik 2024.

Untuk menunjang hal tersebut, Hardi mengatakan perlu adanya bentuk kerja sama yang konkret antara Bawaslu dan Undip yaitu mengenai penyusunan kurikulum. Dia mengatakan, perlu mendapat masukan dari Bawaslu mengenai kompetensi lulusan seperti apa yang diharapkan.

"Dari kompetensi yang diinginkan itulah kemudian menyusun kurikulum, mata kuliah apa yang diperlukan agar capaian pembelajaran itu tercapai," ungkapnya saat melakukan penandatanganan kerjasama dengan Bawaslu pada Kamis, (10/8/2023) di Semarang, Jawa Tengah.

Hardi mengingatkan dalam kerjasama yang bersifat kolaboratif, ada tiga hal yang perlu diperhatikan bersama. Pertama adalah, bahwa antara pihak-pihak bersepakat tidak ada dominasi yang artinya, setara, sejajar, dan hirarkis. Kedua semua pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak adalah bersifat otonom. Dan yang ketiga yang tidak kalah pentingnya kesediaannya masing-masing pihak untuk resource sharing terkait kerjasama.

Mendukung hal tersebut, Sekretaris Jenderal Bawaslu, Ichsan Fuady mengatakan akan menindaklanjuti apa yang diharapkan oleh pihak Undip. Menurutnya, kerjsama tidak boleh hanya sekedar di atas kertas, harus ditindaklajuti dengan pola-pola selanjutnya yang mendukung kerjasama tersebut.

"Harapannya nanti kerjasama kita ini tidak hanya berhenti di sini saja, maka tindaklanjut dari ini adalah menentukan Rencana implementasi kerja sama itu seperti apa, harus segera kita lakukan. Nanti akan ada tim untuk menentukan itu dan nanti paling tidak bisa merumuskan apa, kapan, dimana, bagaimana melakukannya, dan melakukannya untuk menghasilkan output apa. Dan tidak kalah penting adalah pembiayannya berapa dan dilakukan oleh siapa saja," ungak pria yang karib disapa Fuady.

Sebagai informasi, selain akan membuka prodi pascasarjana Tata Kelola Pengawasan Pemilu, Bawaslu dan Undip akan bekerjasama dalam penelitan, pelatihan, dan penerbitan di bidang penyelenggaraan pengawasan Pemilihan Umum.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Bhakti Satrio

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu