• English
  • Bahasa Indonesia

Jelang Pemilu 2024, Abhan Harap SDM Bawaslu Bisa Lebih Berkualitas dan Mumpuni

Tangkapan layar Ketua Bawaslu Abhan saat memberikan arahan dalam Webinar Self Improvement Bagi Penyelenggara Pemilu dalam Menghadapi Reformasi Birokrasi bersama Bawaslu Jambi, Kamis 7 April 2022

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Dalam rangka mempersiapkan tahapan Pemilu Serentak2024, Ketua Bawaslu Abhan meminta sumber daya manusia (SDM) di Bawaslu melakukan 'self improvement' (pengembangan diri). Menurutnya hal ini diperlukan untuk menciptakan SDM yang berkualitas dan mumpuni.

Dalam Webinar Self Improvement Bagi Penyelenggara Pemilu dalam Menghadapi Reformasi Birokrasi bersama Bawaslu Jambi, Abhan menuturkan fungsi Bawaslu yang meliputi pencegahan, pengawasan, penindakan, dan penyelesaian sengketa. Sehingga dia meminta untuk seluruh struktural dan staf Bawaslu bisa aktif mengembangkan diri.

"Kita membutuhkan SDM yang qualified dan mumpuni, tidak hanya dari komisioner Bawaslu, tetapi juga dari sekertariat baik ASN maupun non-ASN agar Pemilu bisa terlaksana jujur dan adil," jelasnya secara daring, Kamis (7/4/2022).

Dalam mewujudkannya, Abhan melihat seleksi Bawaslu harus sangat ketat ke depannya baik di pusat, provinsi, kabupaten/kota bahkan ad hoc guna mendapatkan SDM yang kompeten. Lalu dia pun menyebutkan integritas penyelenggara pemilu perlu semakin ditingkatkan guna terhindar dari berbagai godaan yang dapat menjatuhkan nama lembaga.

"Integritas ini banyak godaannya baik komisioner dan sekretariat untuk mengalahkan idealisme. Bicara soal korupsi suap itu punya potensi di penyelenggara pemilu maka bentengnya menjaga moral," tegas Abhan.

Maka dari itu, Abhan meminta agar dari pimpinan hingga staf harus menerapkan sifat transparansi dan komitmen. Sebab ia melihat ini dapat menjadi kunci dalam kerja-kerja kepemiluan untuk mewujudkan penyelenggara yang berintegritas.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu