• English
  • Bahasa Indonesia

Ketua Bawaslu Hadiri Pelantikan Gunawan Suswantoro sebagai Sesmenpora

Menpora Zainudin Amali (kanan/membungkuk) membubuhkan tanda tangan pengukuhan pelantikan Gunawan Suswantoro sebagai Sesmenpora di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menghadiri pelantikan Gunawan Suswantoro dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu menjadi Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (2/11/2022). Bagja menghadiri pelantikan tersebut didampingi jajaran struktural Bawaslu dan beberapa mantan Anggota Bawaslu seperti Abhan, Fritz Edward Siregar, dan M Afifuddin (kini Anggota KPU).

Bagja mengungkapkan kesannya selama bekerja bersama Gunawan selalu Sekjen Bawaslu dari periode ketika dia masih menjabat Anggota Bawaslu periode 2017-2022 hingga kini sebgai Ketua Bawaslu (periode 2022-2027). Menurutnya, kehadiran Bawaslu hingga sekarang telah menghasilkan banyak prestasi, tidak luput dari peran Gunawan dalam mengelola jajaran kesekretariatan.

"Kehadiran Bawaslu tidak luput dari upaya  dan kerja keras beliau (Gunawan) membangun kesekretariatan. Banyak torehan sejarah dan prestasi yang Bawaslu peroleh, hasil tangan dingin beliau," ungkap Bagja melalui media sosialnya.

Dalam pelantikan ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menilai Gunawan mampu untuk membawa jajaran struktural Kemenpora jauh lebih baik. Apalagi dia mengunkapkan, Gunawan memiliki pengalaman mengelola sekretariat Bawaslu selama 13 tahun.

"Berbekal pengalaman selama di Bawaslu dan pernah mengurusi satker Bawaslu hingga 500-an lebih, saya yakin Pak Gunawan punya kemampuan membawa Kemenpora jauh lebih kuat," sebutnya.

Gunawan sendiri menjelaskan, dirinya siap mendukung 'grand design' pembangunan keolahragaan dan kepemudaan yang telah digagas oleh Menpora untuk menyehatkan masyarakat melalui olahraga.

"Saya siap mendukung 'grand design' yang telah digagas oleh Menpora untuk menyehatkan seluruh rakyat Indonesia," tegasnya.

Sekadar informasi, kiprah Gunawan di Bawaslu bermula dengan tugas sebagai Kepala Sekretariat Bawaslu periode 2009-2013. Pada 2013-2022 dirinya menjadi Sekjen Bawaslu dengan menyumbangkan sejumlah prestasi, di antaranya membawa Bawaslu meraih predikat opini WTP (wajar tanpa pengecualian) dari BPK selama tujuh kali berturut-turut sejak 2015 hingga 2021.

Selain itu, peraih doktoral Ilmu Politik tersebut juga pernah meluncurkan beberapa buku yang juga menambah khazanah pengetahuan terkait kepemiluan, semisal, "Mengawal penegak demokrasi: di balik tata kelola Bawaslu dan DKPP". Gunawan juga tercatat menjadi satu-satunya Sekjen yang memfasilitasi dua lembaga negara sekaligus kala itu, yaitu Bawaslu RI dan DKPP RI.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu