• English
  • Bahasa Indonesia

Komisi II Akan Serahkan Kesimpulan Pagu Anggaran Pilkada 2020 ke Banggar

Ketua Bawaslu Abhan (tengah) dan Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro (kanan) saat menghadiri rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR, Rabu 11 September 2019/Foto: Bhakti Satrio

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI. Rapat ini membahas mengenai penetapan pagu definitif anggaran untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2020 di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (11/9/2019). Dijadwalkan, pembahasan lebih lanjut akan ke Badan Anggaran (Banggar) DPR.

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, untuk penetapan anggarannya nanti akan dibahas oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). "Mudah-mudahan apa yang kami usulkan ini sesuai yang diharapkan," ujarnya usai RDP.

Baca juga: Bawaslu Daerah Diharapkan Tingkatkan Kualitas Penananganan Sengketa Proses Pilkada 2020 

Lelaki asal Pekalongan ini mengungkapkan, anggaran yang diusulkan Bawaslu guna mencukupi kebutuhan program pengawasan khusus untuk Pilkada Serentak 2020. Abhan menerangkan, beberapa arah kebijakan Bawaslu untuk tahun 2020 seperti pengembangan dan sosialisasi pengawasan partisipatif.

Dia melanjutkan, ada pula pagu anggaran untuk fasilitasi Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu), pendidikan pengawasan partisipatif di pusat dan 34 daerah serta pelatihan bagi kader pengawasan.

Baca juga: Bawaslu Tolak Laporan Pileg Jatim dari Partai Nasdem 

Hadir dalam RDP kali ini Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro, Ketua KPU Arief Budiman serta Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil.

Ketua Komisi II Zainuddin menyatakan, pagu anggaran dari Kementerian ATR, KPU dan Bawaslu akan dimasukan ke dalam kesimpulan. "Kita akan masukkan dalam pagu indikatif yang akan diserahkan ke Badan Anggaran DPR RI," pungkasnya.

Editor: Ranap THS

Fotografer: Bhakti Satrio

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu