• English
  • Bahasa Indonesia

Maksimalkan Peran Media, Bawaslu Kabupaten Bogor Resmikan Ruang Media Center

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat Muammarullah (memegang mikrofon) saat secara simbolis menggunting pita peresmian Media Center Bawaslu Kabupaten Bogor, Jumat (8/9/2023).

Cibinong – Guna memaksimalkan peran media massa sebagai mitra pengawas pemilu, Bawaslu Kabupaten Bogor meresmikan ruang media center. Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat (Jabar) Muammarullah mengatakan, keberadaan media center menjadi penting dalam memberikan pelayanan informasi pengawasan kepemiluan yang benar lewat media massa.

” Media Center Bawaslu harus menjadi penghubung informasi yang benar tentang (pengawasan) pemilu dan pemilihan (pilkada) tahun 2024 dari Bawaslu kepada masyarakat," ujar Koordinator Humas, Data dan Informasi Bawaslu Jabar tersebut di kantor Bawaslu Kabupaten Bogor, Cibinong, Jumat (8/9/2023).

Lelaki yang biasa disapa Mumu ini menambahkan, pengawasan Pemilu 2024 seluruhnya merupakan tanggung jawab Bawaslu sebagai lembaga yang kini tidak lagi tahapan pengawasan diampu oleh divisi pengawasan sebagaimana tertuang dalam subtansi Perbawaslu Nomor 3 Tahun 2022 tentang Pola Hubungan. Tugas pengawasan pemilu dan pemilihan, lanjutnya, merupakan tugas seluruh divisi yang ada di Bawaslu.

Dia pun berharap kepada Bawaslu Kabupaten Bogor untuk tetap melakukan konsolidasi dan berkoordinasi dengan stakeholder dalam pelaksanaan pemilu 2024.

“Semoga peran media dapat menjadi penyeimbang dalam pemberitaan terutama dalam tahapan pemilu. Bawaslu tidak hanya menjadikan media sebagai objek pembawa berita, begitu juga media tidak hanya menjadikan Bawaslu menjadi sumber berita, tetapi perlu kesinambungan kolaborasi dalam menyampaikan informasi kepada publik," jelasnya.

Pria Kelahiran Pandeglang ini menegaskan, dalam mengawasi Pemilu 2024 perlu kerja sama dengan pihak lainnya, seperti masyarakat dan para awak media massa.

“Ke depan kita jadikan media center ini sebagai wadah konsolidasi informasi antara Bawaslu dan media guna memaksimalkan peran kita sebagai pilar demokrasi. Agar demokrasi di Kabupaten Bogor tercipta dengan baik dan masyarakat bisa secara aktif berpartisipasi dlm menjaga demokrasi," tutupnya

Editor : Ranap THS
Penulis dan Foto: Humas Bawaslu Kabupaten Bogor

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu