• English
  • Bahasa Indonesia

Parpol Diminta Ajukan Kandidat Berkualitas

Ketua BAwaslu RI, Abhan saat menjadi narasumber dalam Seminar Nasional Pemilu (Demokrasi) yang Bermatabat yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, di Gedung Balairung UKSW, Selasa (15/05/2018).
Salatiga, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Partai politik (parpol) harus dapat mengajukan calon kepala daerah maupun anggota legislatif yang tepat dan berkualitas. Sebab, parpol mempunyai peran besar dan otoritas tertinggi untuk bisa menentukan jalannya pemerintahan.
 
“Parpol selaku pelaku utama, kita berharap  parol dapat mengajukan calon yang tepat dan yang baik, bukan calon yang diajukan karena punya modal besar, tidak berkualitas dan tidak mempunyai kapasitas,” ujar ketua Bawaslu RI, Abhan saat menjadi narasumber dalam Seminar Nasional Pemilu  (Demokrasi) yang Bermartabat yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, di Gedung Balairung UKSW, Selasa (15/05/2018).
 
Peserta pemilu didominasi oleh parpol. Maka, untuk mewujudkan pemilu yang bermatabat dan berintegritas kewenangan besar ada pada parpol. Persoalannya adalah bagaimana parpol dapat taat aturan dan mampu menghadirkan kandidat yang bisa amanah untuk rakyat.
 
“Kami berharap bagaimana nantinya parpol ketika dalam proses pencalonan dan sebagainya tanpa politik transaksional,” pungkasnya.
 
Bawaslu telah mengampanyekan gerakan tolak politik uang, lawan politisasi SARA, tolak ujaran kebencian dan hoaks untuk mewujudkan Pilkada dan Pemilu yang bermatabat dan berintegritas.
 
Penulis/Foto : Baguz Pradana
Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Rabu, 2 Mei 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Kamis, 19 April 2018 - 19:00 WIB
Tempat :
Mercure Ancol - Jakarta
Waktu:
Sabtu, 21 April 2018 - 07:30 WIB
Tempat :
Hotel Mercure Ancol Convention Centre
Waktu:
Senin, 16 April 2018 - 19:30 WIB
Tempat :
Hotel Prime Park Bandung

Video Bawaslu

Bawaslu Memanggil
Bawaslu Memanggil