• English
  • Bahasa Indonesia

Pengawasan Pemilihan sesuai Prokes Covid-19 Jadi Laporan Bawaslu di Forum GNEJ

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar (kiri) beserta Ketua Bawaslu Abhan (tengah) didampingi penerjemah dalam forum Global Network on Electoral Justice Network (GNEJ) Kamis (4/3/2021) malam yang dilakukan secara daring/Foto: Humas Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sebagai Wakil Presiden Global Network on Electoral Justice Network (GNEJ), Bawaslu menyampaikan hasil evaluasi pengawasan pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2020. Salah satunya penyesuaian pengawasan dengan standar protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran covid-19.

"Persiapan pengawasan Pemilihan Serentak 2020 dilakukan dengan standar Covid-19," ujar Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar, Kamis (4/3/2021) malam dalam jaringan (daring).

Didampingi Ketua Bawaslu Abhan, Fritz mengatakan secara aspek regulasi, penyesuaian mekanisme teknis pelaksanaan pengawasan, penindakan, dan penyelesaian sengketa juga dilakukan dengan protokol kesehatan."Terkait ini, kami (Bawaslu) telah diatur dalam Peraturan Bawaslu," ungkap Fritz.

Fritz menambahkan, dalam rangka menegakkan pelaksanaan protokol pencegahan covid-19, Bawaslu telah berinisiasi sebagai pembentuk kelompok kerja (pokja) covid-19 yang menangani pelanggaran terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

"Pembentukan pokja ini isinya kurang lebih memastikan persyaratan bakal pasangan calon terpenuhi guna melaksanakan protokol kesehatan," tutur dia.

Untuk anggarannya jelas Fritz, berasal dari refokusing anggaran pada keterpenuhan standar protokol dalam pelaksanaan teknis pengawasan diantaranya penyediaan apd, vitamin, dan masker.

Selain pengawasan pemilihan pengawasan kesehatan pencegahan covid-19 di akhir paparan, Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Data Informasi Bawaslu itu juga menyampaikan hasil evaluasi penanganan pelanggaran serta penyelesaian sengketa pemilihan kepala daerah atau persiapan perselisihan hasil pemilihan di Mahkamah Konstitusi.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Robi Ardianto

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu