• English
  • Bahasa Indonesia

Peringati 13 Tahun Bawaslu, Para Pimpinan Lembaga Negara Harap Sinergi Terus Diperkuat

Kompilasi foto: Hendi Purnawan

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-13 Bawaslu, sejumlah pimpinan lembaga negara mendoakan serta mengharapkan kerja sama dengan Bawaslu semakin menguat. Harapan disematkan dari pimpinan Kepolisi Republik Indonesia (Polri), Kejaksaan Agung (Kejagung), Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Ketua KASN Agus Pramusinto mengatakan secara kelembagaan Bawaslu dan KASN punya kesamaan dalam fungsi pengawasan. Bawaslu mengawasi setiap tahapan pemilu sampai selesai. Sedangkan KASN mengawasi netralitas ASN dalam setiap pemilu maupun pilkada, sehingga sering melakukan kerja sama pengawasan.

“Kami harap sinergi yang telah dibangun terus diperkuat. Khususnya terkait netralitas ASN pada pemilu dan pilkada,” katanya dalam ucapan video HUT ke 13 Bawaslu.

Agus menambahkan memasuki usia ke 13, Bawaslu harus semakin aktif wujudkan pemilu yang demokratis, bermartabat, dan berkualitas, meskipun tidak mudah untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Namun dengan kerja keras akan tercapai.

“Terus pertahankan kinerja dan prestasi yang telah diukir selama mengawasi pesta demokrasi di Indonesia. Bawaslu memiliki peran besar dalam awasi demokrasi di Indonesia,” tuturnya.

Harapan senada diucapkan oleh Kepala PPATK Dian Edana Rae. Dia berharap sinergi Bawaslu dengan PPATK semakin kuat dalam mencegah politik uang dan penggunaan harta hasil tindak pidana dalam kampaye pemilu.

“Sehingga mampu memberikan kontribusi harapan masyarakat untuk melahirkan pemimpin yang amanah. Serta menjadi lembaga pengawal pemilu terpercaya, demokratis, bermartabat dan berkualitas,” ujarnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengatakan Bawaslu harus menjadi penegak keadilan terpercaya dalam mewujudkan pemilu yang demokratis bermartabat dan berkualitas. Selama ini, kinerja Bawaslu sudah berada dalam jalur yang benar.

“Polri siap mendukung Bawaslu dalam mengawal dan awasi seluruh proses demokrasi di Indonesia,” urainya.

Jaksa Agung Burhanuddin ingin Bawaslu menjadi garda terdepan dalam kawal demokrasi bangsa dalam bidang kepemiluan. Peran dan fungsi Bawaslu sangat penting demi menegakkan kehidupan demokrasi di Indonesia.

“Terus bergerak dan berkarya bersama wujudkan penyelenggara pemilu demokrasi bermartabat dan berkualitas,” terangnya.

Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu