• English
  • Bahasa Indonesia

Rentan Pelanggaran Saat PSU, Bagja Sarankan KPU Melakukan Simulasi

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja (kanan)/foto: Nurisman (Humas Bawaslu RI).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Pasca putusan MK atas Pilkada 2020 terkait 15 Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan 1 Penghitungan Suara Ulang, Anggota Bawaslu Rahmat Bagja melihat Bawaslu dan KPU harus segera bersiap diri. Salah satunya, dia melihat simulasi PSU perlu dilakukan agar semua berjalan lebih baik dari sebelumnya.

Dalam diskusi daring yang diselenggarakan Kode Inisiatif, dia menegaskan tugas KPU akan berat dalam pelaksanaan PSU ini. Menurutnya, KPU tidak hanya mempersiapkan logistik tapi juga teknis pelaksanaan. Namun dirinya juga meminta KPU bisa segera menetapkan juga jadwal terkait pelaksanaan PSU.

"Kami menunggu teman-teman KPU melakukan simulasi karena tugas KPU berat ini. Kiranya kita perhatikan bersama saya harapkan komunikasi bisa lancar lagi karena persiapan daerah harus dipersiapkan secara matang," kata Bagja di Jakarta, Minggu (28/3/2021).

Pentingnya simulasi, lanjut Bagja, untuk menghindari potensi-potensi pelanggaran yang akan muncul saat PSU dilakukan. Menurutnya hal ini menjadi kerja bersama antarpenyelenggara maupun stakeholder agar tidak terjadi lagi kesalahan dalam pelaksanaan pemungutan suara.

Pada kesempatan yang sama Komisioner KPU Evi Novida Ginting pun menyatakan persiapan telah dirancang dalam rapat kordinasi untuk menindaklanjuti putusan terkait PSU. Evi menjelaskan pasca putusan KPU telah melakukan pencermatan berkaitan dengan pertimbangan hukum, karena MK sudah memberikan detail terkait yang harus ditindaklanjuti.

"Kami langsung rakor untuk membahas penyusunan tahapan PSU, itulah kenapa putusan MK kita langsung rakor ya untuk menetapkan langkah awal kita berharap ini bisa cepat," jelasya.

Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu