• English
  • Bahasa Indonesia

Reviu RKA/KL di Makassar, Abhan Harap Efisiensi Anggaran Tepat Sasaran

Ketua Bawaslu Abhan saat memberikan sambutan dalam Rapat Penelitian dan Reviu Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-K/L) Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota pagu anggaran tahun anggaran 2022, di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin 27 September 2021

Makassar, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengatakan perencanaan merupakan bagian dari seluruh sistem dalam pengorganisasian. Keberhasilan perencanaan, menurutnya merupakan gambaran besar keberhasilan program. Hal tersebut dia ungkapkan dalam Rapat Penelitian dan Reviu Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-K/L) Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota pagu anggaran tahun anggaran 2022, di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (27/9/2021).

"Artinya kalau perencanaan kita matang, maka itu sudah menjadi 75 persen dari keberhasilan. Maka kegiatan ini, reviu RKA/L itu sangat penting. Agar kita dalam merencanakan program kegiatan itu betul-betul tepat sasaran, dan tentu juga tetap pada prinsip kita, yakni sisi kinerja," jelas Abhan dihadapan 17 provinsi wilayah timur Indonesia, tamu undangan yang terdiri dari Ketua dan Kepala Sekretariat.

Dalam kegiatan yang agendanya digelar selama tiga hari sejak 27-29 September 2021 ini, Abhan menguraikan, meski saat ini belum ada putusan terkait jadwal tahapan. Namun, kesimpulan sementara yang dapat ditarik dari beberapa kali pertemuan dengan DPR, yang intinya ada pada efisiensi anggaran ditengah pandemi covid, dan kondusifitas politik di tengah masyarakat.

"Kami kemarin pada pembukaan pertama, sudah tekankan, tentu kita tidak bisa menerima semua masukan yang sifatnya dari bawah, karena kebutuhan anggaran kita terbatas, tetapi dengan kondisi ini, kita harus bisa melakukan seefisien dan proporsional di tiga tingkatan (Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota) ini harus proporsional," tegasnya.

Ia juga berharap ada kesamaan dalam mengakomodir kegiatan yang bersifat nasional. "Artinya program nasional itu harus ada ditiap daerah, sementara program lokal tentu harus melihat kebutuhan, apakah mendesak atau bagaimana," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sulsel HL Arumahi mengungkapkan terima kasih atas dipilihnya kota Makassar sebagai tuan rumah pelaksanaan reviu rencana anggaran tersebut.

"Tentu kami sebagai tuan rumah ingin mengucapkan terima kasih kepada bawaslu RI karena telah menunjuk Sulsel sebagai tuan rumah. Ini tentu adalah awal yang baik (kegiatan tatap muka) di tengah pandemi. Kedua, kami juga ingin memohon maaf jika saat penyambutan dan selama pelaksanaan kegiatan di Makassar ada kekurangan," kata Arumahi.

Editor: Ranap THS
Penulis/Foto: Chaidir Pratama (Humas Bawaslu Sulsel)

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu