• English
  • Bahasa Indonesia

SKPP di Garut, Afif: Jaga Pemilu Itu Tradisi Leluhur

Anggota Bawaslu M. Afifuddin membuka SKPP di Garut, Kamis (2/9/2021)/foto: Bawaslu Jawa Barat

Garut, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin membuka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) di wilayah Garut, Jawa Barat. Kepada para peserta SKPP, dia menegaskan menjaga pemilu yang baik bukan hanya sekedar aturan, melainkan tradisi para leluhur yang jauh lebih awal teramaktub dalam agama dan undang-undang. 

"Apa yang kita lakukan ini adalah menjaga warisan baik yang diwariskan leluhur atau nenek moyang kita. Maka penting memanfaatkan waktu untuk mempelajari mana saja yang boleh dilakukan dan mana saja yang tidak," kata Afif dalam pembukaan SKPP Garut, Kamis (2/9/2021).

Dia juga menjelaskan sekolah singkat ini merupakan satu dari program prioritas nasional yang menopang visi misi presiden. Maka tidak heran jika program ini dilakukan secara masif sedikitnya di 300 titik dan di dalam pelaksanaannya tidak hanya lembaga pengawas pemilu yang berperan, Kantor Kepresidenan dan Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) pun ikut terlibat. 

"SKPP  ini sejatinya untuk membumikan nilai-nilai kepemiluan dengan budi pekerti luhur di banyak kalangan terutama di kalangan milenial," ucap Afif. 

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat Abdullah Dahlan mengatakan program pendidikan dan pelatihan ini dirancang agar para kawula muda dapat berpartisipasi aktif dan positif dalam Pemilu yang digadang-gadang akan digelar pada 2024. 

"Program ini mengandung banyak pembelajaran khususnya untuk kepentingan di 2024 mendatang" papar Bang Dul, sapaannya. 

Dahlan menjelaskan pembelajaran yang dimaksud dimulai dari hal yang paling mendasar kemudian dilanjut pada pengetahuan menengah hingga pengetahuan tingkat lanjut. Pengetahuan tingkat lanjut yaitu berbagai macam materi kepemiluan, teknis atau strategi pengawasan, pelaporan dugaan pelanggaran, penyelesaian sengketa Pemilu, hingga tata kelola pemerintahan yang baik. Hal ini agar tidak hanya pada momentum pergantian kepemimpinan saja, akan tetapi mampu mengawal setiap langkah pemerintah agar senantiasa memberikan manfaat bagi rakyat. 

Sebagai informasi, acara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti praktik belajar dan games disesuaikan dengan social distancing serta wajib mengenakan masker. Bahkan sebelum mengikuti kegiatan, semua pihak terlebih dahulu melakukan tes swab. Apabila ada yang terdeteksi positif, peserta langsung dipulangkan dengan dilakukan pergantian uang transport.

Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu