• English
  • Bahasa Indonesia

SKPP di Kabupaten Sintang Jadi Penutup Rangkaian Pendidikan Pengawasan Partisipatif di Kalbar

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja (batik hijau) berfoto bersama peserta SKPP di Kabupaten Sintang, Sabtu (4/9/2021)/foto:Humas Bawaslu Kalbar

Sintang, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Rangkaian Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) telah resmi berakhir. SKPP yang dilaksanakan di Kabupaten Sintang menjadi akhir dari program pendidikan pengawasan partisipatif zona tiga Kalbar.

Pelaksanaan SKPP dasar kali ini diikuti oleh enam kabupaten yang ada diwilayah timur Kalbar, masing-masing diantaranya sebagai pengutus peserta SKPP Bawaslu Kabupaten Landak, Bawaslu Kabupaten Sanggau, Bawaslu Kabupaten Sekadau, Bawaslu Kabupaten Sintang, Bawaslu Kabupaten melawi, dan Bawaslu Kapuas Hulu.

SKPP yang dilaksanakan di Kabupaten Sintang merupakan pelaksanaan SKPP yang ketiga di tahun 2021 yang digelar di Kalbar. SKPP pertama dilaksanakan di Kabupaten Kayong Utara dan yang kedua di Kota Singkawang.

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja membuka langsung SKPP di Kabupaten Sintang pada Sabtu, 4 September 2021. Dalam sambutannya, Bagja mengharapkan peserta SKKP mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi demokrasi, terutama dalam mengawasi Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

“Adik-adik sekalian merupakan usia-usia produktif dan kebanyakan masih duduk di bangku kuliah. Jadi kami sangat mengharapkan kedepannya alumni SKPP ini menjadi partner Bawaslu dalam menjalankan fungsi-fungsi bawaslu," ungkapnya dihadapan peserta SKPP yang didominasi kaula muda di Kabupaten Sintang

Selama tiga hari, pelaksanaan SKPP menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seluruh peserta yang akan mengikuti SKPP diharuskan melakukan tes antigen sebelum masuk ruangan. Dalam kegiatan, terlihat keaktifan peserta di setiap proses pembelajaran, mereka berebut kesempatan untuk bertanya dan membubuhi pertanyaan-pertanyaan para pemateri.

Selanjutnya Anggota Bawaslu Kalbar Faisal Riza menutup SKPP Sintang pada Senin, 6 September 2021. Dia mengucapkan terima kasih kepada pengawas pemilu di Kabupaten Sintang, seluruh fasilitator dan seluruh panitia yang terlibat. “saya mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan di Bawaslu Kabupaten Sintang, para fasilitator dan juga seluruh panitia yang sudah turut serta bekerja keras demi suksesnya acara SKPP ini,” katanya.

Faisal juga berharap dengan adanya kegiatan tersebut bisa menjalin keakraban sesama dan silaturahmi agar bisa menjadi penerus Demokrasi yang ada di Indonesia. “Saya berharap dengan adanya kegiatan ini kita dapat menjalin keakraban dan silaturahmi yang erat agar kita dapat sama-sama melakukan pengawasan dan menjadi penerus demokrasi yang ada di indonesia,” katanya

Penulis dan Foto: Zubair (Humas Bawaslu Kalbar)
Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu