• English
  • Bahasa Indonesia

Susun Variabel IKP 2024, Bawaslu Serap Masukan Isu-Isu Aktual di Masyarakat

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty (tengah) memberikan arahan dalam DKT Penyusunan Variabel Dalam Indeks Kerawanan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024, di Jakarta, Sabtu (17/9/2022)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Lolly Suhenty meminta penyusunan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2024 bisa menggali informasi lebih dalam terkait berbagai macam isu yang berkembang di masyarakat.

"Maka dalam diskusi ini kami akan gali informasi, pengalaman serta masukan dari narasumber dan peserta dalam proses tarik data IKP," ucapnya dalam Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Penyusunan Variabel Dalam Indeks Kerawanan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024, di Jakarta, Sabtu (17/9/2022).

Perempuan kelahiran Cianjur, 28 Februari 1978 ini menambahkan, seluruh jajaran Bawaslu yang menyusun IKP harus menyamakan pandangan terkait jumlah variabel dalam IKP. Pada penyusunan IKP 2019-2020 terdapat 162 variabel.

"Apakah mungkin jumlah variabel tersebut bisa disederhanakan? Tetapi jangan sampai kecilkan potensi kerawanan. Nah ini harus kita diskusikan bersama," ungkapnya.

Ada tiga hal yang  menjadi fokus dalam perbaikan konstruksi IKP. Pertama, terkait dimensi temporal, unit analisa dan tingkat pengukuran. Kedua, terkait variabel-variabel yang digunakan dalam konstruksi IKP. Ketiga, terkait dengan skema pembobotan untuk masing-masing;

Perlu diketahui, Pada DKT kali ini akan fokus menyusun dan menentukan variabel apa yang tepat sebagai bagian dari konstruksi IKP Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024. Variabel dan turunannya yang akan digunakan sebagai bagian dari konstruksi IKP perlu diputuskan agar IKP yang nantinya muncul memang dapat memprediksi dan mendetektsi kerawanan.

Editor: Jaa Pradana
Fotografer: Abdul Hamid

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu